Berita Pemkot Denpasar

Denpasar Bangga! 6 Siswa SMP PGRI 3 Denpasar Ikuti Kompetisi Penelitian di Bangkok

6 siswa SMP PGRI 3 Denpasar akan mengikuti Kompetisi (lomba) Penelitian dalam ajang Thailand Inventors Day 2019

Denpasar Bangga! 6 Siswa SMP PGRI 3 Denpasar Ikuti Kompetisi Penelitian di Bangkok
Humas Pemkot Denpasar
Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Kepala Sekolah SMP PGRI 3 Denpasar Made Suada; Ketua Yayasan PGRI Denpasar I Nengah Madiadnyana; dan siswa-siswa yang akan kompetisi ke Bangkok Thailand. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Kota Denpasar kembali berbangga, 6 siswa SMP PGRI 3 Denpasar akan mengikuti Kompetisi (lomba) Penelitian dalam ajang Thailand Inventors Day 2019 di Bangkok, Thailand pada tanggal 31 Januari hingga 8 Februari 2019 mendatang.

Berdasarkan hal itu, Kepala Sekolah SMP PGRI 3 Denpasar Made Suada bersama Ketua Yayasan PGRI Denpasar, I Nengah Madiadnyana bersama siswa-siswa yang akan mengikuti kompetisi memohon doa dan restu Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Senin (21/1/2019), di Kantor Wali Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Sekolah SMP PGRI 3 Denpasar, Made Suada didampingi guru pembina Made Chandra Widayanti mengatakan, 6 siswa-siswa SMP PGRI 3 Denpasar dalam kompetisi ini terdiri dari dua kelompok.

Untuk bisa berkompetisi, dua tim siswa SMP PGRI 3 Denpasar sebelumnya telah mengirim makalah penelitian ke pihak penyelenggara yakni pihak INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Association).

“Dalam seleksi itu tim kami dua-duanya lolos untuk mengikuti pameran dan lomba di sana, ini sangat luar biasa meskipun baru pertama kali mengikuti kompetisi internasional, siswa kami telah berhasil lolos di tahap awal,’’ ujarnya.

Baca: Pemkot Dukung Pedoman Pelaksanaan Hari Suci Nyepi Caka 1941 yang Diterbitkan PHDI

Baca: Indonesia Menyiapkan Kota Ramah Lingkungan karena 82,37 Persen Penduduk Akan Tinggal di Kota

Baca: Diteriaki Ait oleh Anak-anak, Balasan Joglas Justru Menggiringnya ke Polsek Payangan

Lebih lanjut disampaikan, hal itu bisa dilakukan karena produk hasil penelitian, SMP PGRI 3 Denpasar terkait dengan Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Tiram sebagai Bio Pipa, dan Pemanfaatan Kombinasi Limbah Cangkang Telur dan Jerami Padi Sebagai Bio Plafon.

Dua penelitian terkait, dari bahan mentah, hasilnya hingga produk jadi akan dipamerkan di sana.

Selain sangat ramah lingkungan, penelitian ini juga mampu menjadikan bahan bekas seperti kulit telur yang awalnya tidak bermanfaat mampu memiliki nilai guna dan bermanfaat. 

Bahkan, penelitian ini telah diuji coba oleh Teknik Mesin Universitas Udayana mulai dari tahan bebannya, daya asam, daya penyerapan air, hingga pengembangan.

‘’Semua itu telah dilakukan penelitian dan diuji juga telah lulus uji,’’ tegasnya.

Halaman
12
Editor: Irma Budiarti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved