Pemprov Kini Larang Gunakan Plastik saat Sembahyang ke Pura, Ini yang Akan Dilakukan

Jadi kita berharap sesuai dengan target kita yang mudah-mudahan dengan lahirnya pergub ini penurunan sampah plastik di tahun 2019 bisa turun 23 persen

Pemprov Kini Larang Gunakan Plastik saat Sembahyang ke Pura, Ini yang Akan Dilakukan
Tribun Bali/Kadek Wema Satyadinata
Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat ditemui awak media usai menghadiri rapat paripurna DPRD Bali, Senin (28/1/2019) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali tengah berupaya mengurangi keberadaan sampah plastik.

Desember 2018 lalu, Pemprov akhirnya menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No. 97 tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai.

Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menjelaskan, dengan adanya pergub itu, Pemprov Bali pada tahun 2019 ini tengah berupaya mengurangi sampah plastik sebanyak 23 persen.

"Jadi kita berharap sesuai dengan target kita yang mudah-mudahan dengan lahirnya pergub ini penurunan sampah plastik di tahun 2019 bisa turun 23 persen," kata Wagub Cok Ace usai menghadiri rapat paripurna DPRD Bali, Senin (28/1/2019).

Guna mencapai angka tersebut, kini Pemprov juga tengah melarang pemedek yang tangkil ke pura dengan membawa canang terbungkus plastik.

"Itu (larangan membawa canang terbungkus plastik) kan tindak lanjut dari pergub 97, sifatnya memang larangan tapi lebih mengarah pada imbauan karena ini kan pergub ya beda dengan perda," jelasnya.

Selama ini, kata Cok Ace, di pura-pura memang banyak terdapat sampah plastik karena hampir semua masyarakat membawa canang yang ditaruh dalam plastik.

"Ya kalau ini memang diusahakan (dan) dijalankan saya kira enggak ada masalah. Dulu-dulu tak ada tas kita masih bisa sembahyang," kata dia.

Wagub Cok Ace mengaku menyadari bahwa pelarangan ini pertama kalinya memang akan menyebabkan masyarakat kaget, terutama bagi mereka yang ke pasar tidak diperkenankan lagi untuk menggunakan kantong plastik.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved