Serba Serbi

Tilem Bertepatan dengan Kajeng Kliwon, Lakukan Ini

Dalam konteks kebudayaan di Bali yang dimuliakan bukan bulan terang saja atau Purnama, tapi gelap yang paling gelap juga dimuliakan

Tilem Bertepatan dengan Kajeng Kliwon, Lakukan Ini
Istimewa
Desa Pakraman Intaran, Sanur Kauh menggelar prosesi upacara Ngusaba Desa lan Nangluk Merana di Pantai Sanur, pada Tilem Sasih Kelima yang jatuh pada Selasa (29/11/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Hari ini, Senin (4/2/2019), merupakan perayaan bulan gelap pada bulan kedelapan atau Tilem Kawulu bagi umat Hindu, khususnya di Bali.

Tilem ini merupakan pertanda bahwa sasih atau bulan dalam sistem kalender Bali telah usai dan berganti dengan sasih berikutnya yakni Sasih Kesanga atau bulan kesembilan.

Selain itu, Tilem Kawulu ini juga bertepatan dengan Kajeng Kliwon yang dianggap keramat oleh sebagian masyarakat Bali.

Menurut Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Putu Eka Guna Yasa, pemujaan kepada gelap atau Tilem itu jelas sekali ditujukan kepada Siwa.

Menurutnya, dalam Jnyana Sidantha disebutkan di dalam matahari ada suci, di dalam suci ada siwa, di dalam siwa ada gelap yang paling gelap.

Hal itulah yang menyebabkan tilem mendapatkan pemuliaan.

Guna mengatakan di daerah Bangli ada Pura Penileman, dimana setiap Tilem dilakukan pemujaan di sana.

Baca: Hasil Liga Inggris, Manchester United Menang Tipis Atas Lecester City

Baca: LINK STREAMING Siaran Langsung Liga Inggris, Manchester City vs Arsenal

"Di Pura Penileman dilakukan pemujaan kepada Siwa, karena ada warga masyarakat yang nunas (meminta) pengidep pati atau sarining taksu jelas sudah Siwa. Bukti arkeologis ada arca Dewa Gana yang merupakan putra Siwa,” katanya.

Sehingga dalam konteks kebudayaan di Bali yang dimuliakan bukan bulan terang saja atau Purnama, tapi gelap yang paling gelap juga dimuliakan.

Halaman
1234
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved