Agar Tidak Ganggu Jalur Melasti dan Nyepi, PHDI Imbau Tertibkan Alat Peraga Kampanye

PHDI Bali mengimbau kepada penyelenggara dan peserta Pemilu agar APK disesuaikan, khususnya saat penyelenggaraan ritual Melasti dan Nyepi

Agar Tidak Ganggu Jalur Melasti dan Nyepi, PHDI Imbau Tertibkan Alat Peraga Kampanye
Tribun Bali/Rizal Fanany
Ilustrasi - Petugas Gabungan Satpol PP Denpasar, Bawaslu, Anggota kepolisian melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang melanggar aturan di jalan Wr. Supratman,Denpasar, Rabu (23/1/2019). Penertiban APK yang melanggar aturan ini dilaksanakan di sejumlah titik kota Denpasar.(Tribun Bali/Rizal Fanany) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bawaslu Bali menggelar pertemuan bersama beberapa stakeholder. Di antaranya PHDI Bali, Ombudsman RI, MUDP Bali, KPU Bali, dan FKUB.

Rapat membahas Hari Raya Nyepi yang berbarengan dengan masa kampaye Pemilu 2019.

Rapat digelar di Hotel Puri Dalem, Sanur, Denpasar, Senin (4/2/2019).

Ketua Bawaslu Bali Ketut Ariyani berharap, perayaan Nyepi bisa berjalan dengan kondusif walaupun masuk dalam masa kampanye.

"Kegiatan adat dan budaya itu jalan, dan kegiatan kepemiluan juga tetap jalan. Namun, tetap tidak mengurangi makna dari upacara itu dan tidak tercederai oleh kepentingan politik," ujarnya.

Ariyani berharap, para stakeholder bisa membantu dalam melakukan pengawasan. Sehingga, perayaan Nyepi sesuai dengan apa yang diharapkan umat Hindu.

Terkait Alat Peraga Kampanye (APK), Bawaslu akan melakukan penertiban bagi yang melanggar. Misalnya saja dipasang di pohon dan tiang listrik.

Begitu juga dengan APK yang terpasang di sepanjang jalur Melasti Panca Wali Krama. Bawaslu terlebih dahulu akan berkomunikasi dengan para peserta Pemilu.

"Itu memang harus dibersihkan, yang melanggar kita akan tertibkan," katanya.

Terkait Nyepi yang akan jatuh pada 7 Maret 2019, PHDI Bali mengimbau kepada penyelenggara dan peserta Pemilu agar APK disesuaikan, khususnya saat penyelenggaraan ritual Melasti.

Halaman
12
Penulis: Ragil Armando
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved