Hari Raya Imlek

Pentas Barongsai di Tanah Bekas Kuburan China, Perayaan Suguhan untuk Leluhur

Panitia tampak sibuk menyiapkan sesajen untuk pementasan Barongsai di areal Pasar Badung, Jalan Cokroaminoto Denpasar

Pentas Barongsai di Tanah Bekas Kuburan China, Perayaan Suguhan untuk Leluhur
Tribun Bali/Rizal Fanany
Umat Hindu melaksanakan upacara persembahyangan di lokasi bekas kuburan China, di Pasar Badung, Denpasar, Senin (4/2/2019). Barongsai beraksi dalam rangkaian upacara persembahyangan itu. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Panitia tampak sibuk menyiapkan sesajen untuk pementasan Barongsai di areal Pasar Badung, Jalan Cokroaminoto Denpasar, Senin (4/2) pagi.

Aneka buah seperti anggur, jeruk, apel, hingga nanas tergelar di atas meja nampan. Selain itu, jagung rebus, nasi dengan lauk, dan tebu juga jadi pelengkap sesajen.

Tak lupa juga canang diletakkan di atas buah dan yang jadi ciri khas Tahun Baru Imlek yakni ang pao pun disiapkan di eks Tiara Grosir itu.

Setelah semuanya siap, dilanjutkan dengan sembahyang bersama yang juga diikuti oleh pedagang di sana. Barulah pementasan Barongsai dimulai.

20 orang anggota Perkumpulan Barongsai Shen Lon dari Sibang Kaja, Badung tampil dengan enerjik.

Dalam pementasan ini ditampilkan tiga Barongsai dan satu Leang Liong sepanjang 10 meter. Pertama tampil Leang Liong dan melakukan atraksi berputar-putar di tengah arena.

Selanjutnya Leang Liong ini mengelilingi sesajen. Setelah itu barulah tampil tiga Barongsai kuning dan ungu. Penampilan ini menarik perhatian ratusan pedagang di sana.

Barongsai ini bahkan keliling ke tengah pasar. Para pedagang pun memberikan barongsai ini ang pao. Penampilan ini berlangsung kurang lebih dua jam.

Koordinator pementasa Barongsai, Sandi menuturkan, kelompoknya baru pertama kali tampil di Pasar Badung. "Kami mulai pentas keliling tahun 2017 dan baru pertama tampil di sini," kata Sandi.

Ia menambahkan selama Imlek ini kelompoknya keliling pentas ke hotel dan restoran di sekitar Badung dan Denpasar. Selain itu, juga tampil di acara pernikahan.

Halaman
12
Penulis: Putu Supartika
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved