Trisma Siapkan 130 Komputer Hadapi UNBK, Sementara SMKN 5 Denpasar Siapkan 176 Komputer

SMA Negeri 3 Denpasar (Trisma) menyiapkan 130 unit komputer yang akan digunakan untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer pada awal April

Trisma Siapkan 130 Komputer Hadapi UNBK, Sementara SMKN 5 Denpasar Siapkan 176 Komputer
Tribun Bali/Wema Satyadinata
Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Denpasar, Ida Bagus Sudirga 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - SMA Negeri 3 Denpasar (Trisma) menyiapkan 130 unit komputer yang akan digunakan untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada awal April 2019 mendatang.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Denpasar, Ida Bagus Sudirga mengatakan komputer yang berjumlah 130 unit tersebut rencananya akan digunakan para siswa XII yang berjumlah 298 orang, dimana terdiri dari jurusan IPA sejumlah 269 orang, dan jurusan IPS 29 orang.

 
“Terkait penggunaan komputer semuanya sudah siap untuk digunakan UNBK. Begitu juga mengenai listriknya sudah disiapkan genset ketika ada keadaan force majeure,” kata Sudirga saat ditemui di Ruang Kepala Sekolah Trisma, Senin (18/2/2019).

Berdasarkan informasi Kemdikbud RI, UNBK untuk tingkat SMA/MA sederajat akan dilaksanakan pada tanggal 1,2,4 dan 8 April 2019. Selanjutnya UNBK akan dilaksanakan  dalam  3 sesi, mulai pukul 7.30 Wita sampai Pukul 16.00 Wita. 

Baca: Dari 49 SMP, 38 SMP di Karangasem Tak Siap UNBK, Ini Penyebabnya

Baca: 16 Sekolah Khawatir Tak Dapat Siswa, Forum Komunikasi Kepsek SMP Surati Bupati Badung

Baca: Ada HOTS dalam UNBK SMP dan SMA/SMK, Ini Jadwal Ujian dari Kemendikbud

Sudirga menambahkan dalam menghadapi UN ini, seluruh peserta telah diberikan pemantapan berupa pengayaan-pengayaan untuk melatih diri agar mampu menjawab soal-soal UN. 

Mereka dibina dan diberikan pemantapan oleh masing-masing guru mata pelajaran yang di UN-kan setiap Jumat pagi.

“Jadi beberapa mata pelajaran yang di-UN kan kita berikan tambahan pada Jumat pagi itu,” tutur mantan guru SMAN 4 Denpasar ini.

Selain Trisma, SMKN 5 Denpasar juga telah melakukan persiapan menjelang dimulainya Ujian Nasional (UN) untuk SMK yang akan dimulai bulan Maret mendatang.

Kepala SMK Negeri 5 Denpasar, I Made Buda Astika mengatakan persiapan sudah dimulai pada Januari diawali dengan melaksanakan sosialisasi mengenai rancangan ujian tersebut, baik kepada orangtua siswa maupun siswa kelas XII itu sendiri.

Buda Astika memastikan baik Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) maupun UN di SMKN 5 Denpasar menggunakan komputer atau dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). 

Selanjutnya, pihak sekolah sudah menyiapkan sebanyak 176 komputer yang ditempatkan dalam 5 ruangan yang akan digunakan untuk menjawab ujian.

“Sudah siap 5 lab dengan jumlah 176 komputer. Itu sudah mencukupi jumlahnya untuk siswa kelas XII,” kata Buda Astika.

Mengenai jadwal pelaksanaan UNBK tingkat SMK, kata dia, terjadi perubahan jadwal ujian yang awalnya direncanakan pada bulan April kemudian berubah dan dimajukan pada bulan Maret. “Untuk UN SMK akan dilaksanakan selama empat hari, dimulai pada 28 Maret sampai 31 Maret 2019,” tandasnya.

Adapun mata pelajaran yang akan di UN kan tingkat SMA adalah  Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan satu Mata Pelajaran Jurusan. Sedangkan untuk tingkat SMK, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan. (*)

Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved