Lapas Kerobokan Kirim 25 Orang Napi Ke Lapas Karangasem

Narapidana kasus narkoba dan kriminal sebanyak 25 orang dipindahkan dari Lapas Klas II A Kerobokan, Badung pada Selasa (19/2/2019)

Lapas Kerobokan Kirim 25 Orang Napi Ke Lapas Karangasem
Istimewa
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Narapidana kasus narkoba dan kriminal sebanyak 25 orang dipindahkan dari Lapas Klas II A Kerobokan, Badung pada Selasa (19/2/2019).

25 napi yang sebelumnya yang menjadi penghuni di balik jeruji besi Lapas Kerobokan tersebut dipindahkan ke Lapas Karangasem menggunakan bus milik lapas.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi terjadinya penumpukan di dalam Lapas Kerobokan yang hingga saat ini sudah menampung sebanyak 1638 orang napi.

Kapala Lapas Kerobokan, Tonny Nainggolan membenarkan pemindahan para narapidana kepada Tribun Bali secara terpisah, Selasa (19/2/2019) sore.

Tonny mengatakan, para napi ini dipindahkan untuk menghindari over capacity di Lapas Kerobokan.

"Iya benar tadi ada pemindahan sebanyak 25 orang. Kita pindahkan untuk mengurangi overkapasitas. Hari ini kita pindahkan napi tersebut ke Lapas Karangasem," ujarnya.

Ada 25 orang napi yang dipindahkan, kasus narkoba sebanyak 20 orang dan 5 orang lainnya merupakan kasus kriminal.

Baca: 601 Pemilih Pindah Mencoblos ke Badung, Terbanyak dari Penghuni Lapas Kerobokan

Baca: Ida Bagus Suartama & Indra Pratama, 2 Warga Binaan di Lapas Bangli Dikeroyok 16 Napi, Ini Sebabnya

Baca: Reaksi Bule Tahu Kecilnya Gaji di Indonesia: Kok Bisa Hidup Ya?, Intip UMP 2019 di 33 Provinsi

Kalapas Kerobokan, Tonny Nainggolan juga mengatakan, alasan dipilihnya Lapas Karangasem sebagai tempat masa hukuman lanjutan para narapidana tersebut karena lapas ini masih bisa menampung narapidana dari Lapas Kerobokan yang sudah overload.

"Lapas dan rutan Karangasem tersebut masih bisa menampung narapidana dari sini," terangnya.

Di hari sebelumnya pada Senin (18/2/2019), Tonny Nainggolan juga mengatakan kepada Tribun Bali bahwa ada narapidana sebanyak 25 orang dari Lapas Kerobokan juga dipindahkan ke rutan yang ada di Bangli.

"Sebelumnya itu, juga kita sudah bawa 25 orang napi ke rutan Bangli. Kasusnya ya sama, narkoba dan kriminal," lanjutnya.

Selain itu, Tonny juga menambahkan bahwa nantinya masih ada lokasi lapas dan rutan yang diminta untuk bisa menampung narapidana dari Lapas Kerobokan.

Dari sebelumnya sebanyak 1688 penghuni Lapas Kerobokan, 50 orang sudah dipindahkan ke lapas dan rutan yang ada di Kabupaten Bangli dan Kabupaten Karangasem.

"Mungkin Lapas Narkotika Bangli dan UPT Pemasyarakatan lain yang masih memungkinkan untuk menampung pindahan dari Kerobokan. Karena sekarang isi Lapas Kerobokan masih menampung 1638 orang," tambahnya. (*)

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved