Sudah Siap Ikut UTBK SBMPTN 2019? Peserta Boleh Ikut 2 Kali Tes

Peserta mengikuti maksimal 2 (dua) kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan tes

Sudah Siap Ikut UTBK SBMPTN 2019? Peserta Boleh Ikut 2 Kali Tes
Tribun Bali/Cisilia Agustina Siahaan
Ilustrasi - Sejumlah peserta serius mengikuti SBMPTN dengan sistem Computer Based Test (CBT) di Universitas Udayana, Jl Sudirman, Denpasar, Selasa (16/5/2017). Seleksi SBMPTN tahun ini dibagi menjadi dua bentuk yaitu Paper Based Test (PBT) dan CBT. 

TRIBUN-BALI.COM - Tahun ini pendaftaran UTBK akan dimulai 1 Maret 2019 pukul 10.00 WIB dan akan ditutup 24 Maret 2019.

Gelombang kedua pendaftaran UTBK akan dibuka pada tanggal 25 Maret 2019 sampai dengan 1April 2019.

Sesuai ketentuan, mulai tahun 2019, persyaratan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 adalah wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Tahun ini, UTBK yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi dapat dilakukan lebih dari 1 (satu) kali.

Peserta mengikuti maksimal 2 (dua) kali tes, dan hasil tes diberikan secara individu 10 (sepuluh) hari setelah pelaksanaan tes.

Apa saja yang akan diujikan?

Jenis tes
Sebagaimana dikutip kompas.com dari laman resmi LTMPT, UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Sedangkan TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

Halaman
12
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved