Timor Leste Ingin Jalin Kerja Sama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali,Sebut karena Geografis

Guna memajukan dan memperkuat gerakan pramuka, Timor Leste ingin menjalin kerja sama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali.

Timor Leste Ingin Jalin Kerja Sama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali,Sebut karena Geografis
Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali
Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, Made Dewa Indra menerima President of Timor Leste Secout Association, Idelta Maria Rodrigues di Ruang Tamu Sekda Provinsi Bali, Jumat (1/2/2019) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Guna memajukan dan memperkuat gerakan pramuka, Timor Leste ingin menjalin kerja sama dengan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali.

Keinginan tersebut diutarakan President of Timor Leste Secout Association, Idelta Maria Rodrigues saat bertemu Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Bali, Made Dewa Indra di Ruang Tamu Sekda Provinsi Bali, Jumat (1/3/2019).

Idelta menjelaskan gerakan pramuka di negaranya dikenal dengan sebutan Nacional dos Escuteiros de Timor-Leste.

Saat ini, jumlah keanggotaan pramuka di negeri itu mencapai 11 ribu orang.

Hanya saja, pihaknya masih terkendala dalam melakukan pembinaan karena terbatasnya pembina yang terlatih di bidang kepanduan.

“Untuk pelatihan, selama ini kami banyak bekerja sama dengan Australia. Namun seringkali bahasa menjadi kendala sehingga tidak optimal,” urainya.

Mengingat Timor Leste punya sejarah kedekatan dengan Indonesia, Idelta berasumsi kerja sama dengan Indonesia akan berjalan lebih efektif.

“Paling tidak, sebagian besar pembina pramuka kami paham Bahasa Indonesia,” imbuhnya.

Baca: Kronologi Dugaan Pelecehan Simic, Raba Tangan Hingga Bagian Ini, Korban Merasa Tak Aman

Baca: Pariwisata Bali Kalahkan Paris dan London, tapi Manfaatnya Tak Dirasakan Petani

Baca: 20 Anjing Bergelimpangan Setelah Dieliminasi, Petugas: Vaksinasi Mendekati 80 Persen

Karena pertimbangan geografis, ia sangat berharap bisa membangun kerja sama dengan Bali dalam melaksanakan pelatihan kepramukaan.

“Saya yakin, Bali memiliki pengalaman dalam gerakan pramuka yang bisa memberi pelatihan bagi jajaran pembina kepramukaan Timor Leste,” tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Dewa Made Indra mengapresiasi dan menyambut positif keinginan Timor Leste untuk membangun kerja sama dengan Kwarda Gerakan Pramuka Bali.

Hanya saja, karena terkait hubungan antarnegara, ia menyarankan agar kerja sama dilakukan dengan Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia.

“Kalau memang nanti yang diinginkan bekerja sama dengan Kwarda Bali, Kwarnas akan mengarahkan dan kami siap menindaklanjuti,” ujar Dewa Indra yang mengaku sangat senang mendapat kunjungan dari gerakan pramuka Timor Leste.

Di akhir pertemuan, Idelta menyerahkan cenderamata berupa selendang khas Timor Leste dan bingkisan berupa kopi bubuk kepada Dewa Indra dan jajaran pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Bali. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved