1 WNI Jadi Korban Tewas, Pelaku Teror Christchurch Dimaki Hingga Senator Ini Dilempar Telur

WNI Muhammad Abdul Hamid alias Lilik Abdul Hamid menjadi korban tewas atas tragedi biadab, penembakan yang terjadi di dua mesjid di Kota Christchurch

1 WNI Jadi Korban Tewas, Pelaku Teror Christchurch Dimaki Hingga Senator Ini Dilempar Telur
AFP/TESSA BURROWS
Warga Kota Christchurch, Selandia Baru menunjukkan rasa bela sungkawa dengan meletakkan karangan bunga untuk mengenang korban penembakan masjid di kota itu, Sabtu (16/3/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, CHRISTCHURCHI - Kementerian Luar Negeri melalui Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum (PWNI) Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal memastikan WNI Muhammad Abdul Hamid alias Lilik Abdul Hamid menjadi korban tewas atas tragedi biadab, penembakan yang terjadi di dua mesjid di Kota Christchurch, Selandia Baru.

Sebelumnya, Lilik tidak diketahui, keberadaannya pascapenembakan yang terjadi, Jumat (15/3) waktu setempat.

"WNI korban aksi teror di Christchurch, Muhammad Abdul Hamid alias Lilik Abdul Hamid, dipastikan meninggal dunia. Kepastian tersebut diperoleh dari pengurus Masjid Al Noor, Christchurch, Sabtu(16/3) sore," ujar Iqbal.

Iqbal menuturkan, segera setelah memperoleh kepastian tersebut, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menghubungi Nina, istri Almarhum.

"Dalam pembicaraan via telepon itu, Menlu Retno menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam pemerintah Indonesia atas meninggalnya almarhum," kata dia.

Menlu Retno, ujar Iqbal, juga menyampaikan, pemerintah Indonesia melalui Duta Besar RI Tantowi Yahya di Wellington, akan memberikan pendampingan dan bantuan yang diperlukan.

Sejauh ini dilaporkan terdapat 7 WNI di kedua masjid saat peristiwa tersebut, 4 orang telah dinyatakan selamat, 2 orang luka dan saat ini masih dalam perawatan di rumah sakit (Zulfirmansyah dan anaknya yang kini dalam kondisi kritis), dan 1 orang meninggal dunia.

Paling brutal

Nama Brenton Harris Tarrant (28) pria asal Australia mendadak terkenal seantero jagat.

Namanya dikenal karena dialah pelaku pembantaian 49 jemaah di dua masjid Al Noor dan Linwood di Christchurch, Selandia Baru.

Halaman
1234
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved