3.400 Ekor Burung Ilegal yang Diselundupkan ke Padang Bai Telah Dilepasliarkan

3.400 ekor dari berbagai jenis Burung Kicau ilegal yang diselundupkan dari Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB, menuju Padangbai, Bali, telah dilepas liar

3.400 Ekor Burung Ilegal yang Diselundupkan ke Padang Bai Telah Dilepasliarkan
Pen Lanal Denpasar
3.400 ekor dari berbagai jenis Burung Kicau ilegal dan diselundupkan dari Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB, menuju Pelabuhan Padangbai, Bali, telah dilepas liarkan. 

TRIBUN-BALI.COM, LOMBOK - 3.400 ekor dari berbagai jenis Burung Kicau ilegal yang diselundupkan dari Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB, menuju Padangbai, Bali, telah dilepasliarkan.

Aksi penyelundupan tersebut berhasil digagalkan Pangkalan TNI AL Denpasar di Pelabuhan Padang Bai, Sabtu (16/3/2019) dini hari, dan telah dikembalikan ke Lombok pada Senin (18/3/2019).

Pengembalian sekaligus dilaksanakan pelepasliaran kembali ke alam di Taman Wisata Alam Kerandangan Kabupaten Lombok Barat oleh BKSDA NTB, diikuti oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pangkalan TNI AL Mataram, Polda NTB, dan Karantina.

Dari hasil penghitungan BKSDA NTB, jumlahnya mencapai kurang lebih 3.400 ekor.

Ribuan burung yang diperkirakan berasal dari Lombok, Sumbawa, dan sekitarnya tersebut sebelumnya diduga akan diperdagangkan di Bali atau Pulau Jawa.

Baca: BMKG Beri Peringatan Gelombang Tinggi Hingga 6 Meter Berpotensi Terjadi di Selat Bali

Baca: TRIBUN WIKI - Sedang Patah Hati? 5 Destinasi di Bali Ini Bakal Bantu Kamu Lupakan Doi Sejenak

Kepala BKSDA NTB Ari Subiantoro menyampaikan, kerja-kerja tersebut adalah bentuk nyata dari koordinasi lintas Kementerian.

"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kerja sama Karantina Pertanian Lembar, Pangkalan TNI AL Denpasar, Pangkalan TNI AL Mataram, Kepolisian dan UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, sehingga memaksimalkan upaya pengawasan peredaran tumbuhan dan satwa liar di Provinsi NTB," terangnya.

Sebelumnya, sebagaimana diberitakan tribun-bali.com, diperkirakan kurang lebih 1.500 ekor burung jenis Kicau berhasil diamankan Pangkalan TNI AL Denpasar, dalam upaya penyelundupan dari Lombok ke Denpasar, Bali melalui Pelabuhan Padang Bai.

Berawal dari informasi yang disampaikan petugas Pelabuhan Lembar dan personel Lanal Mataram pada Jumat (15/3/2019), malam, upaya penyelundupan beberapa jenis Burung Kicau itu diamankan oleh personel Lanal Denpasar bekerja sama dengan BKIPM Kota Denpasar dan Dinas Karantina Hewan Pelabuhan Padang Bai, dari sebuah mobil truk yang diangkut oleh kapal Ferry KMP Swarna Kartika rute penyeberangan Pelabuhan Lembar ke Pelabuhan Padang Bai.

Menurut keterangan dari sopir truk berinisial SH dan pembawa burung FA dan MK, burung-burung tersebut merupakan milik RF di Lombok.

Baca: Gara-Gara Komentar Soal Masa Lalu Syahrini Dengan Seorang Pria, Pedangdut Inisial LL Ini Dilaporkan

Baca: Cristiano Ronaldo Siap-siap Bayar Denda Setelah Divonis Bersalah Tiru Gaya Simeone

Halaman
123
Penulis: Busrah Ardans
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved