Pejabat Ngayah Nedunang Ida Bhatara dan Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih

Rangkaian upacara dimulai sejak pagi dan dipusatkan di Padma Tiga Pura Penataran Agung Besakih.

Pejabat Ngayah Nedunang Ida Bhatara dan Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih
tribun bali/saiful rohim
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat menghadiri pelaksanaan Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Rendang, Karangasem, Rabu (20/3/2019), yang bertepatan Purnama Kedasa. 

Pejabat Bali Ngayah Nedunang Ida Bhatara dan Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Gubernur Bali Wayan Koster, Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama, dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menghadiri pelaksanaan Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Agung Besakih, Rendang, Karangasem, Rabu (20/3/2019), yang bertepatan Purnama Kedasa.

Rangkaian upacara dimulai sejak pagi dan dipusatkan di Padma Tiga Pura Penataran Agung Besakih.

Pada puncak karya ini dilaksanakan upacara muspayang Ida Bhatara Turun Kabeh dan muspayang Ida Bhatara Turun ke Pelesang.

Koster, Adi Wiryatama, Cok Ace, dan juga Bupati Karangasem Ayu Mas Sumantri turut ngayah nedunang Ida Bhatara dalam prosesi Ida Bhatara Turun ke Paselang.

Ketua Panitia Karya Jro Mangku Widiartha menjelaskan, prosesi yang dilaksanakan adalah urutan dari upacara Tawur Agung dan berlanjut hingga prosesi Ida Bhatara Turun Kabeh hingga yang terakhir Ida Bhatara turun ke Peselang.

“Sesuai dengan urutannya, selanjutnya dilaksanakan prosesi mejaya-jaya di Bale Peselang, dilanjutkan Ida Bhatara Melinggih di pesamuhan dan sorenya ada prosesi Mungkah Ajang di Bale Agung,” papar Mangku Widiartha.

Ribuan pemedek dari berbagai daerah di Bali datang mengikuti pelaksanaan Puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh serangkaian Panca Wali Krama ini. Panca Wali Krama dilaksanakan setiap 10 tahun sekali, dan merupakan karya terbesar kedua setelah Eka Dasa Rudra (100 tahun sekali).

Baca: Begini Skema Polisi Ungkap Komplotan Rusia, Hanya Butuh 2 Jam, Senjata Serbu Masih Misteri

Baca: Deal dengan Liana, Lukman Langsung Bertemu di Kamar Kosan, 10 Menit Kemudian Apes

Baca: Belasan Butir Peluru di Tangan Perampok Asal Rusia Diamankan, Polisi: Itu Magazine SS1 Milik Brimob

Mapepada Agung
Sementara itu, di hari yang sama juga digelar prosesi Mapepada Agung di Pura Ulun Danu Batur, Kintamani, Bangli. Ritual ini merupakan rangkaian Karya Ngusaba Kadasa di Pura Ulun Danu Batur, dimana kemarin merupakan puncak karya.

Tampak ribuan pemedek terlihat tumpah ruah di sepanjang jalur Kintamani-Singaraja, mulai dari jaba Pura Ulun Danu Batur, hingga pertigaan Tunon.

Halaman
123
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Rizki Laelani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved