Begini Kronologi Avsec Bandara Ngurah Rai Gagalkan Upaya Penyelundupan Anak Orang Utan oleh WN Rusia

Melalui hasil screening yang ditampilkan, personel Avsec mendeteksi tampilan gambar yang mencurigakan pada koper yang dibawa penumpang bersangkutan

Begini Kronologi Avsec Bandara Ngurah Rai Gagalkan Upaya Penyelundupan Anak Orang Utan oleh WN Rusia
Petugas Karantina Denpasar
Orang utan yang telah dibius dan diletakkan di dalam keranjang ditemukan di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Sabtu (23/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN- BALI.COM, MANGUPURA - Kejadian bermula ketika seorang penumpang yang kemudian diketahui berinisial AZ, hendak terbang meninggalkan Pulau Dewata Jumat (22/3/2019) malam kemarin.

Penumpang dengan No Passport 723054892 yang menumpang pesawat Garuda Indonesia GA 870 tersebut akan transit di Seoul dengan tujuan akhir Vladivostok (Rusia).

Sesuai dengan prosedur standar keamanan, penumpang berkewarganegaraan Rusia tersebut kemudian melewati pemeriksaan mesin x-ray di pre screening check point Terminal Keberangkatan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Melalui hasil screening yang ditampilkan, personel Aviation Security mendeteksi tampilan gambar yang mencurigakan pada koper yang dibawa penumpang bersangkutan. 

Baca: Prof. Sudarma Minta Hindari Tiga Hal Ini yang Berpotensi Jadi Racun pada Tubuh, Begini Sebabnya 

Baca: Badung Ekspor Lobster ke Jepang, Tahun 2018 Produksinya Capai 63,36 Ton

Setelah dilakukan pemeriksaan secara manual, petugas mendapati koper tersebut berisi satu ekor anak Orang Utan yang dimasukkan ke dalam anyaman terbalut pakaian.

Pada saat dibuka, diketahui Orang Utan tersebut sedang dalam keadaan terbius. 

Selain itu, diketahui bahwa anak Orang Utan tersebut tidak dilengkapi dengan perizinan yang lengkap.

Untuk keperluan investigasi, penumpang tersebut kemudian dilarang untuk melanjutkan penerbangan, dan selanjutnya diserahkan bersama barang bukti oleh unit Aviation Security Department kepada Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Denpasar, setelah sebelumnya dilakukan koordinasi dengan Balai Karantina Kelas 1 Denpasar dan BKSDA. 

Baca: Hancurkan Basis Pertahanan ISIS, Pasukan Demokratik Suriah Umumkan Kekalahan Total ISIS

Baca: Ingin Punya Vespa Piagio, Made Wistika Nekat Colong Motor Temannya

Sesuai dengan regulasi, pemeriksaan keamanan kepada seluruh penumpang tersebut didasarkan melalui Keputusan Menteri 25 Tahun 2005 tentang Pemberlakuan SNI 03-7066-2005 mengenai Pemeriksaan Penumpang dan Barang yang Diangkut Pesawat Udara di Bandara sebagai Standar Wajib. 

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved