Tugas Pecalang Kini Kian Bertambah, Tak Hanya Awasi Kegiatan Adat

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Desa Adat, Nyoman Parta mengatakan, peranan pecalang di era saat ini sangat dibutuhkan.

Tugas Pecalang Kini Kian Bertambah, Tak Hanya Awasi Kegiatan Adat
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Pertemuan antara Pansus Raperda Desa Adat DPRD Bali dengan perwakilan pecalang se-Bali di Wantilan Gedung DPRD Bali, Senin (25/3/2019) pagi. 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda Desa Adat, Nyoman Parta mengatakan, peranan pecalang di era saat ini sangat dibutuhkan.

Pecalang di era saat ini tidak hanya bertugas sebagai penjaga keamanan ketika melaksanakan kegiatan adat, akan tetapi juga berperan sebagai penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Upaya menjaga kamtibmas ini bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan, salah satunya dengan mendata setiap penduduk pendatang yang tinggal di wilayah lingkungan desa adat.

Hal ini dilakukan agar mencegah terjadinya kriminalitas di wilayah desa adat itu sendiri dan mengontrol berbagai hal negatif lain, seperti peredaran narkoba dan pedofilia.

Baca: Lezatnya Udang Saus Tomat Ala Mengiat Restaurant Hotel Santika Siligita 

Baca: Dukung Pariwisata, Telkomsel Area Jawa Bali Ajak Media ke Manado

"Kini bahaya narkoba sudah mulai masuk ke desa adat. Pedofilia juga sudah mulai. Ada beberapa kasus di desa-desa ada penduduk pendatang yang berlaku baik kepada anak-anak. Dibeliin sepatu dibeliin baju. Orangtua senang karena anak mendapat perhatian. Eh tahu-tahunya pedofil," kata Parta.

Bahaya mengenai narkoba dan pedofilia masuk desa adat itu Parta jelaskan pada saat pihaknya bertemu dengan perwakilan pecalang se-Bali di Wantilan Gedung DPRD Bali, Senin (25/3/2019).

Baca: Mural di Sisi Timur Pasar Badung Sedang dalam Tahap Pengerjaan, Dikerjakan Setiap Sore hingga Malam 

Baca: Diusulkan Pecalang di Bali Digaji Pemerintah, Begini Sebabnya

Oleh karena itu, Parta yang kini sebagai Ketua Pansus Raperda Desa Adat itu menginginkan peranan pecalang di era saat ini ditingkatkan.

Dalam acara itu, ia pun mengundang pihak Polda Bali untuk memberikan pemahaman mengenai kamtibmas.

Selain itu pihak Fakultas Kedokteran Unud juga dihadirkan untuk memberikan pemahaman mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved