Persiapan Sudah 25 Persen, Karangasem Target 20 Medali Emas Porprov Bali 2019

Karangasem target mendapatkan 20 medali emas di pekan olahraga provinsi (Porprov) Bali 2019 di Tabanan

Persiapan Sudah 25 Persen, Karangasem Target 20 Medali Emas Porprov Bali 2019
Dok. Pribadi Putu Toya
Caretaker KONI Karangasem, Putu Toya. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Karangasem target mendapatkan 20 medali emas di pekan olahraga provinsi (Porprov) Bali 2019 di Tabanan.

Menjelang Porprov Bali 2019 di Tabanan, hampir semua kabupaten/kota yang ada di Bali mempersipakan diri menghadapi event olahraga dua tahunan tersebut, termasuk Kabupaten Karangasem.

Caretaker KONI Karangasem, Putu Toya mengatakan persiapan Karangasem menghadapi Porprov Bali 2019 sudah mencapai sekitar 25 persen.

Baca: 15 Atlet Bali Ikut Kejuaraan Rimbawan Rimbawan Indonesia Karate-Do Championship 2019

Baca: Pertama Kalinya Kejuaraan Binaraga Bupati Cup Gianyar, Ada Hadiah Rp 100 Juta

“Sekarang baru rekrutmen saja, ya baru sekitar 25 persen, baru rekrutmen atlet, kami sudah tahulah atlet, jadi masing-masing cabor itu berapa kuota atlet kan sudah tahu. Bulan Maret ini kami sudah rekrut atlet di masing-masing cabang olahraga, kemudian akhir Maret ini sudah sampaikan kuota di masing-masing cabang olahraga setelah diadakan verifikasi dari masing-masing cabor sehingga kami memperoleh kurang lebih 266 atlet dari 29 cabang olahraga, kemudian official-nya 51 orang, manajernya 29 orang, panitia sekitar 36 orang, sehingga jumlah kontingen yang kami persiapkan sekitar 385 orang atau 382 orang lah,“ ucapnya saat dihubungi Tribun Bali, Selasa (26/3/2019).

Pada Porprov Bali 2017 kemarin Kontingen Karangasem meraih posisi ketujuh dengan 12 medali emas, dan pada tahun 2019 ini Toya berujar bahwa Karangasem menargetkan 20 medali emas.

Baca: Meski Sering Ditemui, Tahukah Anda Apa Arti 7 Singkatan Ini?

Baca: Kasus Dugaan Penipuan & Penggelapan di Paradise Loft Villas Bali, Begini Keterangan Saksi Korban

“Pada 2017 kemarin kami berada di posisi tujuh, tahun 2019 ini kami bertekad minimal mempertahankan posisi tujuh dan kalau bisa meningkat dari posisi tujuh karena kami canangkan 20 emas di Tabanan. Harapan kami paling minimal bisa tetap bertahan, kalau bisa meningkat lah, karena terus di papan bawah saja berkompetisi, kalau perlu naik lah,“ ucapnya.

Ia menambahkan, cabang olahraga (cabor) yang diunggulkan atau diharapkan memperoleh medali emas Porprov Bali 2019 di antaranya taekwondo, judo, panjat tebing, kempo, karate dan panahan.

Kontingen Karangasem belum membentuk kepanitiaan untuk Porprov Bali 2019.

Baca: Belasan Tahun ke Malaysia dan Dikira Sudah Meninggal, TKW Ini Pulang Bawa Uang dan Emas

Baca: Pemerintah Ultimatum Maskapai Penerbangan Segera Turunkan Harga Tiket Awal April 2019

Toya menjelaskan, pembentukan panitia ataupun pemilihan ketua kontingen Karangasem Porprov Bali 2019 akan dilakukan setelah membentuk kepengurusan KONI Karangasem masa bakti yang baru.

“Saya selaku caretaker mempunyai tugas selama dua bulan ini untuk mempersiapkan Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) KONI Karangasem, paling lambat 2 Mei 2019 ini supaya sudah selesai, jadi kami sudah persiapkan pertengahan April setelah Pilpres akan laksanakan Musorkab. Pada bulan Mei 2019 kami baru akan menetapkan panitia untuk Porprov Bali 2019, jadi siapa nanti yang menjadi pimpinan kontingen dan sebagainya,“ ucapnya.

Ia juga mengatakan pada April 2019 rencananya akan diadakan pertemuan dengan para pengurus cabor di Kabupaten Karangasem, selain itu juga akan diadakan tes fisik pada Mei 2019.

Baca: CPNS Mengundurkan Diri Setelah Lolos Seleksi, Ada yang Beralasan Tempat Tugas Terlalu Jauh

Baca: Tidak Mengantuk Tapi Menguap Terus, Anda Sering Merasakannya? Ini Sebabnya

“Pada April 2019 sudah kami adakan pertemuan dengan (pengurus) cabang olahraga di Karangasem, supaya segera mempersiapkan atlet-atletnya, Mei 2019 akan diadakan TC kemudian Mei akhir atau pertengahan akan diadakan tes fisik, bulan Juni itu sudah entry by name,” katanya.

Sementara untuk bonus peraih medali Porprov Bali 2019, tidak jauh berbeda dengan bonus Porprov Bali 2017 silam.

“Bonus sudah dipersiapkan, jadi di anggaran hibah itu sudah termasuk dengan bonus, sudah kami persiapkan, kami mengacu sementara ini kepada bonus dua tahun lalu, dan kami juga akan berusaha tidak terlalu jauh dengan kabupaten lain, kemarin (Porprov Bali 2017) itu sekitar Rp 50 juta (untuk satu medali emas), mudah-mudahan nanti lebih,“ katanya.(*)

Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved