Angka Pengangguran di Bali Relatif Kecil, Wagub Cok Ace Mengaku Belum Puas

Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menyoroti masalah pengangguran yang ada di Provinsi Bali

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menyoroti masalah pengangguran yang ada di Provinsi Bali.

Menurutnya, angka pengangguran di Bali memang relatif kecil jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

Meski demikian, ia mengaku belum puas dengan pencapain tersebut.

"Benar angka pengangguran di Bali terkecil di Indonesia, tapi saya tidak puas dengan itu. Masih adanya pengangguran, sementara lapangan kerja juga masih melimpah. Sementara tenaga kerja dari luar Bali terus bertambah menunjukkan ada masalah dengan mental sebagian kecil SDM di Bali yang tidak bisa beranjak dari zona nyaman,” kata Cok Ace.

Hal itu Wagub Cok Ace sampaikan saat memberikan kuliah umum di acara bertema ‘Kuliah Umum Industri: Kreator dan Inovator’ yang bertempat di Kampus STIKOM Bali II, Jimbaran, Badung pada Sabtu (30/3/2019) pagi.

Baca: PKB 2019 Dimeriahkan Berbagai Lomba, Ada Kategori Kabupaten/Kota dan Umum

Baca: Begini Sejarah Tempat Selfie Seharga Rp 16 Miliar di Pantai Karangdadi Klungkung, Anda Penasaran?

Ia pun mengajak generasi muda terutama kaum milenial untuk beranjak dari zona nyaman.

“Dunia ini luas, jadi masih banyak peluang dan potensi luar biasa di luar zona kenyamanan kita. Jangan jadi pengangguran kultural alias pengangguran karena gengsi,” kata eks Bupati Gianyar ini.

Dijelaskan bahwa permasalahan mengenai kemiskinan dan pengangguran ini tidak akan hilang jika gengsi dan mental priyayi tidak segera dihilangkan.

Pola semacam ini yang membuat masyarakat tidak bisa maju, terutama di tengah perkembangan teknologi yang sedemikian pesat.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved