Liputan Khusus

Balada Bocah Penjual Tisu dari Pagi Hingga Tengah Malam di Denpasar, Satpol PP: Tak Pernah Kapok

Anak-anak yang berjualan tisu di keramaian tidak saja terdapat di kawasan parkiran bioskop Cineplex Jalan Thamrin, Denpasar.

Balada Bocah Penjual Tisu dari Pagi Hingga Tengah Malam di Denpasar, Satpol PP: Tak Pernah Kapok
Tribun Bali/Dwi Suputra
(Ilustrasi) Balada bocah si penjual tisu di Denpasar. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Anak-anak yang berjualan tisu di keramaian tidak saja terdapat di kawasan parkiran bioskop Cineplex Jalan Thamrin, Denpasar.

Hasil penelusuran Tribun Bali selama sepekan terakhir, anak-anak usia 11 tahun ke bawah ini juga berjualan di sejumlah titik keramaian di Kota Denpasar.

Seperti kawasan pertokoan Jalan Diponegoro, Pasar Malam Kreneng, Taman Kumbasari (Tukad Korea), dan kawasan parkir Level 21 Mall, Denpasar.

Ada juga di seputaran lampu merah Jl Mahendradata, Denpasar. Mereka berjualan dari siang hingga sore hari, dengan menawarkan tisu kepada pengendara yang berhenti.

Saat anak-anak ini berjualan di jalan raya, tampak orangtua mereka menunggu di seberang jalan di emper pertokoan.  

Anehnya, setiap Tribun Bali bercakap-cakap dengan para penjual tisu itu, rata-rata dari mereka mengaku tinggal di Jalan Gunung Batur, Denpasar.

Saat bertemu dengan anak-anak penjual tisu di Jalan Diponegoro, misalnya, tiga bocah wanita yang kira-kira berusia 10-13 tahun itu mengaku berasal dari Karangasem, dan tinggal di Jalan Gunung Batur, Denpasar.

"Dulu pernah sekolah, sampai SD saja. Sekarang udah gak lagi kak. Ayo kak beli tisunya. Cuma lima ribu," kata remaja wanita itu.

Pun begitu dengan salah satu penjual tisu di Taman Kumbasari (Tukad Korea), juga mengaku berasal dari Karangasem dan tinggal di Jalan Gunung Batur, Denpasar.

Masalah ini harus menjadi perhatian pemerintah. Anak-anak yang masih belia ini harusnya sekolah. Bukan dipaksa mencari nafkah. Apalagi bekerja hingga tengah malam melawan kantuk dan lelah. 

Halaman
12
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved