Fokus Persiapan Legislasi Pembangunan Bali, Koster Siapkan 5 Perda, 17 Pergub & 25 Program Tematik

Wayan Koster menyampaikan bahwa saat ini masih berkonsentrasi penuh melengkapi regulasi yang dibutuhkan dalam penataan pembangunan Bali

Fokus Persiapan Legislasi Pembangunan Bali, Koster Siapkan 5 Perda, 17 Pergub & 25 Program Tematik
Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali
Gubernur Koster saat memimpin apel pegawai, Senin (1/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gubernur Bali, Wayan Koster menyampaikan bahwa saat ini masih berkonsentrasi penuh melengkapi regulasi yang dibutuhkan dalam penataan pembangunan Bali.

“Saya ingin detail merancang regulasi, baik berupa Perda maupun Pergub yang nantinya menjadi pedoman bagi OPD (organisasi perangkat daerah) dalam mengimplementasikan setiap kebijakan,” kata Gubernur Koster saat memimpin apel pegawai, Senin (1/4/2019).

Tahun 2019 ini, ia mengaku fokus merampungkan sejumlah Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Gubernur (Pergub) serta program tematik.

Adapun kini sebanyak 5 Raperda yang tengah digodok, di antaranya Raperda tentang standar kesehatan, pemajuan kebudayaan, penggunaan motor dan mobil listrik, dan wajib belajar 12 Tahun.

Sementara untuk Pergub, ada sebanyak 17 rancangan yang disiapkan.

Beberapa di antaranya yakni Pergub tentang sistem pertanian organik, pekerja lokal Bali, pembatasan toko modern dan perlindungan sumber mata air.

Baca: Janda Ngaku Perawan di Jembrana Sebut Uang Rp 1,4 M Tak Dihabiskan Sendiri, Suami Siri Ikut Nikmati

Baca: Kata Barbie Kumalasari, Lucinta Luna Pernah Dekat Dengan Richard Kyle Dan Sempat Jalan Bareng

Selain rancangan Perda dan Pergub, Koster juga tengah fokus merumuskan 25 konsep pembangunan tematik.

Lebih jauh ia mengurai, enam bulan menjabat sebagai gubernur telah merampungkan 6 Pergub yang mengatur persoalan sangat strategis bagi Bali.

Pergub yang telah rampung dan mulai diimplementasikan antara lain Pergub Nomor 79 Tahun 2018 tentang Penggunaan Busana Adat Bali; Pergub Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali; serta Pergub Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Satu Kali Pakai.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved