Guru Tak Diminta Buat Soal, Eka Fatmasari Sebut Soal untuk SLB Dibuat Seperti Soal UN Pada Umumnya

Padahal, soal UN SLB itu jelas berbeda dengan soal UN sekolah umumnya. Yakni kedalaman soal bisa 2 hingga 3 tingkat di bawah dari sekolah pada umumnya

Guru Tak Diminta Buat Soal, Eka Fatmasari Sebut Soal untuk SLB Dibuat Seperti Soal UN Pada Umumnya
Tribun Bali/Noviana Windri Rahmawati
Suasana UN tingkat SLB hari kedua yang diikuti oleh 13 siswa berkebutuhan khusus di SLB Negeri 2 Denpasar, Sidakarya, Denpasar, Bali, Selasa (2/4/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Bali/Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilaksanakan serentak di tingkat SMA/MA/SMK pada bulan April 2019 ini.

Namun, pelaksanaan Ujian Nasional di Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dilaksanakan pada tanggal 1, 2, dan 3 April 2019 masih menggunakan kertas jawaban.

Salah satunya pelaksanaan UN yang digelar di SLB Negeri 2 Denpasar yang diikuti oleh 13 siswa tuna rungu dan tuna wicara, Selasa (2/4/2019).

Ketua Panitia Pelaksanaan UN SLB Negeri 2 Denpasar, Eka Fatmasari menuturkan berbeda dengan tahun sebelumnya, saat ini soal UN tahun 2019 dibuat oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali.

Yang kemudian diteruskan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bali ke SLB di Provinsi Bali.

"Soal UN tahun ini dari LPMP Provinsi Bali. Kalau tahun lalu kan soalnya dari Dinas Pendidikan. Soalnya khusus SLB kan beda yang menyelenggarakan LMPM kalau dulu Dinas Pendidikan. Tahun ini juga guru tidak diminta untuk membuat soal UN," ucapnya kepada Tribun Bali, Selasa (2/4/2019).

Persiapan menjelang UN 2019, pihaknya juga menyebutkan kurangnya perhatian khusus terkait pelaksanaan dan soal UN khusus SLB.

"Ada sosialisasi UN waktu ini. Kepala Sekolah yang diundang. Tapi saat sosialisasi itu, khusus untuk pembahasan soal UN SLB tidak terlalu dibahas. Bahkan secara garis besar disamakan dengan soal UN sekolah pada umumnya,"

Baca: Pemprov Bali Berencana Lakukan Pengelolaan Aset,Tanah Desa Akan Didorong untuk Kepentingan Desa Adat

Baca: Facebook Perketat Siaran Live Setelah Kasus Penembakan Keji di Selandia Baru

"Padahal, soal UN SLB itu jelas berbeda dengan soal UN sekolah umumnya. Yakni kedalaman soal bisa 2 hingga 3 tingkat di bawah dari sekolah pada umumnya," ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Noviana Windri
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved