Cegah Penyelundupan Hasil Perikanan Jalur Udara, Bandara Ngurah Rai Kerja Sama dengan BKIPM Denpasar

Dalam menjalankan pengawasan lalu lintas distribusi hasil perikanan melalui bandara, manajemen bandara bekerja sama dengan BKIPM Denpasar

Cegah Penyelundupan Hasil Perikanan Jalur Udara, Bandara Ngurah Rai Kerja Sama dengan BKIPM Denpasar
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan Hasil Perikanan Kelas I Denpasar. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Dengan semakin meningkatnya minat masyarakat dalam menggunakan jasa angkutan barang melalui jalur udara, semakin meningkat pula potensi penggunaan jalur udara dalam penyelundupan barang secara ilegal. 

Tidak jarang terjadi upaya penyelundupan barang terlarang secara ilegal melalui bandara karena lemahnya pengawasan dari institusi terkait.

Hasil budidaya perikanan termasuk ke dalam jenis barang yang cukup sering diselundupkan melalui jalur udara.

Upaya penyelundupan hasil budidaya perikanan, terutama yang memiliki nilai ekonomi tinggi seperti baby lobster marak terjadi di sejumlah bandara di wilayah Indonesia, tak terkecuali di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Namun demikian, upaya penyelundupan tersebut berhasil digagalkan berkat upaya berbagai pihak.

PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola bandara, tidak dapat bekerja sendirian melakukan pengawasan lalu lintas distribusi barang dan logistik di bandara.

Dalam menjalankan pengawasan lalu lintas distribusi hasil perikanan melalui bandara, manajemen bandara bekerja sama dengan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Pengawasan Hasil Perikanan Kelas I Denpasar (BKIPM Denpasar). 

Baca: Ciptakan Kedamaian Mulai dari Diri Sendiri, Pemkab Klungkung Gelar Dharma Santi Nyepi 2019

Baca: Terungkap! Nama Mantan Wagub Bali Sudikerta Sebelumnya Telah Masuk Dalam Daftar Cegah Imigrasi

Untuk memperbaharui kerja sama antara dua institusi tersebut dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama yang berlaku selama dua tahun, Jumat (5/4/2019) di Aula BKIPM Denpasar.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono mengatakan sinergi dengan instansi anggota komunitas bandara mutlak diperlukan, salah satunya adalah dengan BKIPM Denpasar.

Halaman
123
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved