Hari Pencoblosan Bertepatan Dewasa Ngaben & Nganten, PHDI dan MUDP Imbau Krama Atur Waktu ke TPS

Muncul sedikit kekhawatiran terhadap jumlah partisipasi warga Bali untuk melakukan pencoblosan pada Pemilu Serentak 2019 pada 17 April mendatang.

 Hari Pencoblosan Bertepatan Dewasa Ngaben & Nganten, PHDI dan MUDP Imbau Krama Atur Waktu ke TPS
Dok Pemprov Bali
(Ilustrasi) Gubernur Bali Wayan Koster menggelar rapat dengan Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali terkait penanganan Layon atau jenazah yang banyak dititipkan di Rumah Sakit (RS), bertempat di Ruang Rapat Praja Sabha, kantor Gubernur Bali, Denpasar, Selasa (19/3/2019) siang. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Muncul sedikit kekhawatiran terhadap jumlah partisipasi warga Bali untuk melakukan pencoblosan pada Pemilu Serentak 2019 pada 17 April mendatang.

Penyebabnya, hari pencoblosan bertepatan dewasa ayu (hari baik) untuk ngaben dan nganten. 

Gubernur Bali, Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali, dan Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) pun mengimbau seluruh krama Bali menggunakan hak suaranya.

Masyarakat diharapkan bisa mengatur waktu antara menjalankan prosesi keagamaan dan mencoblos ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Menurut Ketua PHDI Bali, Prof I Gusti Ngurah Sudiana, pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 memang bertepatan dengan dewasa ayu untuk melaksanakan upacara ngaben, nganten, piodalan, mecaru atau upacara Panca Yadnya lainnya.

“Dewasa luung san nika (itu merupakan hari yang sangat baik),” ujarnya kepada Tribun Bali, Kamis (4/3).

Namun walaupun sedang sibuk melaksanakan dharma agama, namun krama Bali diminta jangan sampai melupakan kewajiban melaksanakan dharma negara.

Warga diimbau ke TPS untuk menyalurkan hak suara.

“Dari Parisadha minta supaya diseimbangkan karena antara yadnya secara niskala dengan yadnya dalam melaksanakan dharma negara itu sama pentingnya,” kata Prof Sudiana.

Oleh karena itu masyarakat diminta agar bisa mengatur diri, membagi tugas sehingga bisa datang ke TPS tepat waktu.

Halaman
123
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved