Selfie di Pantai Eksotis Ini Bisa Dihukum Mati, Mengapa Demikian?

Tempat-tempat eksotis atau ekstrem biasanya menjadi tempat berselfie favorit, misalnya pantai. Namun, di sebuah pantai

Selfie di Pantai Eksotis Ini Bisa Dihukum Mati, Mengapa Demikian?
Mirror
Banyak turis yang berada di pantai tak jauh dari bandara internasional Phuket, Thailand menggunakan momen pesawat akan mendarat sebagai latar belakang foto mereka. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGKOK — Selfie saat ini sudah menjadi tren yang dilakukan hampir semua orang yang memiliki telepon pintar.

Tempat-tempat eksotis atau ekstrem biasanya menjadi tempat berselfie favorit, misalnya pantai.

Namun, di sebuah pantai di Thailand, turis yang kedapatan selfie bisa diancam hukuman mati. Mengapa demikian?

Ternyata pantai yang dimaksud berada tak jauh dari bandara internasioal Phuket. Karena lokasinya yang dekat dengan bandara, pesawat yang akan mendarat atau lepas landas menjadi atraksi tersendiri.

Baca: Live Streaming Barcelona Vs Atletico Madrid di SCTV Kick-off 02.45 WITA

Baca: Hindari 7 Kalimat Ini Agar Tak Menyakiti Hati Pasangan

Baca: Duel Tim Raksasa di Final Piala Presiden 2019, Ini Jadwal Pertandingan Arema FC vs Persebaya

Dan, tentu saja berselfie dengan latar belakang pesawat yang melintas di atas kepala saat akan mendarat merupakan foto yang amat luar biasa.

Namun, perilaku para turis ini dikabarkan membuat pengelola bandara tak suka karena dianggap bisa mengganggu konsentrasi para pilot.

"Kami membangun sebuah zona keselamatan yang dikatagorikan sebagai daerah terlarang, di mana siapa pun dilarang mengambil foto," kata Wakil Manajer Umum Bandara Internasional Phuket, Wichit Kaewsaithiam.

"Selain di zone ini, warga lokal dan turis masih bisa datang untuk berfoto," kata dia.

Pengelola bandara dikabarkan juga memperingatkan turis agar tidak menerbangkan drone atau menyalakan pena laser di kawasan tersebut agar tidak mengganggu pilot.

"Hukuman maksimalnya adalah hukuman mati untuk perilaku yang bisa mengganggu konsentrasi pilot," ujar Wichit kepada harian The Bangkok Post.

Seorang direktur bandara Phuket, Monrudee Gettuphan, sebelumnya mengatakan, para petugas amat khawatir dengan keselamatan mereka yang berselfie dekat bandara.

Dia menambahkan, siapa saja harus menjauh dari zona terlarang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Peringatan itu juga ditujukan untuk mencegah rusaknya organ pendengaran karena suara keras dari mesin pesawat.

"Menurut undang-undang penerbangan 1978, siapa saja yang melanggar aturan ini terancam hukuman penjara 5-20 tahun, penjara seumur hidup, bahkan hukuman mati," ujar seorang pejabat setempat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Selfie di Pantai Ini Bisa Dijatuhi Hukuman Mati

Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved