Hadiri Dharma Shanti Nasional Nyepi Tahun Saka 1941 di Bali, JK : Perbedaan Bukan Pemecah Belah

Secara khusus Wapres memberi apresiasi untuk Bali. Bali, kata dia, merupakan tempat dimana agama dan budaya dilaksanakan sebaik-baiknya.

Hadiri Dharma Shanti Nasional Nyepi Tahun Saka 1941 di Bali, JK : Perbedaan Bukan Pemecah Belah
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memberikan sambutan di panggung terbuka Arda Candra Taman Budaya Denpasar, Sabtu (6/4/2019), dalam acara Dharma Santi Nyepi Tahun Caka 1941. Acara mengambil tema ‘Melalui Catur Brata Penyepian, Kita Sukseskan Pemilu 2019’.  

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR –  Wakil Presiden (Wapres) RI, Muhammad Jusuf Kalla menghadiri Dharma Shanti Nyepi Tahun Saka 1941 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Denpasar, Sabtu (6/4) malam. 

Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kalla mengatakan sejatinya Dharma Shanti Hari Raya Nyepi dan Pemilu memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk evaluasi.

Menurutnya, setiap tahun umat Hindu harus mengevaluasi diri kemudian menyucikan diri pada saat Hari Raya Nyepi. 

Wapres berharap, usai melaksanakan Hari Suci Nyepi tahun ini, umat Hindu Indonesia dapat melakukan evaluasi pada diri masing-masing agar bermanfaat untuk semua.

Menurut Wapres Jusuf Kalla, pemilu adalah saat melakukan evaluasi apa yang telah dilakukan bangsa ini selama lima tahun.

Ia mengatakan, pemimpin pun perlu dievaluasi.

“Pemimpin harus dievaluasi. Apabila benar bisa dilanjutkan, sedangkan kalau tidak benar maka perlu diperbaharui dan dievaluasi kembali,” ucapnya.

Jusuf  Kalla mengatakan, masyarakat Bali sudah mengetahui arti pemimpin yang berhasil dan tidak berhasil.

Yang penting dari hasil pemilu adalah untuk bangsa, bagaimana agar Indonesia aman, maju dan pendapatan masyarakat meningkat.

Wapres mengingatkan, perbedaan keyakinan dan agama bukanlah menjadi pemecah belah bangsa, namun justru untuk persatuan bangsa.

Halaman
123
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved