Breaking News:

Apes, Gelar Uji Latihan Jet Tempur F-16 Milik AU Belanda Tertembak Peluru Sendiri

Pihak berwenang Belanda kini tengah menyelidiki insiden tertembaknya jet tempur F-16 milik Angkatan Udara mereka.

Editor: Ady Sucipto
Ist/fas.org
(Ilustrasi) F-16 Fighting Falcon 

TRIBUN-BALI.COM, AMSTERDAM - Pihak berwenang Belanda kini tengah menyelidiki insiden tertembaknya jet tempur F-16 milik Angkatan Udara mereka.

Anehnya, peluru yang mengenai pesawat F-16 mereka berasal dari peluru nyasar yang diduga dimuntahkan dari jet tempur tersebut. 

Dikutip Tribun Bali dari Kompas.com, sebuah jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Belanda dilaporkan mengalami kerusakan cukup berat akibat terkena tembakan.

Namun anehnya, peluru yang mengenai badan pesawat tempur Belanda itu cocok dengan peluru yang ditembakkannya sendiri.

Laporan itu disampaikan media penyiaran Belanda, NOS, pekan lalu, yang mengutip pernyataan dari tim penyelidik yang menyelidiki insiden yang terjadi dalam latihan militer Januari lalu itu.

Dilansir Russian Times, dalam latihan tersebut, dua unit jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Belanda menggelar uji tembak sasaran darat menggunakan senapan mesin otomatis enam barel, Vulcan.

Di tengah latihan, tiba-tiba salah satu jet terkena tembakan dan mengalami kerusakan mesin. Beruntung, pesawat masih dapat mendarat dengan selamat dan tidak ada korban dalam insiden.

Baca: Akuisisi Pesawat Tempur JF-17 Thunder Buatan Pakistan-China, Begini Alasan Perdana Menteri Malaysia

Tim penyelidik pun menggelar penyelidikan dan mendapati bahwa peluru yang mengenai jet tempur itu berasal dari pesawat itu sendiri.

Tim penyelidik belum mengetahui pasti bagaimana hal tersebut bisa terjadi dan masih melanjutkan penyelidikan.

Sebuah foto yang dirilis pihak penyelidik kepada media Belanda menunjukkan lubang peluru yang jelas terlihat pada badan pesawat, tepat di bawah kanopi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved