Jet Tempur F-35 AU Jepang Senilai Rp 1,2 Triliun Jatuh, Ekor Pesawat Ditemukan sang Pilot Hilang

insiden jatuhnya pesawat jet tempur F-35 A milik Angkatan Udara Jepang di kawasan Pacifik membuat otoritas setempat melakukan pencarian

Jet Tempur F-35 AU Jepang Senilai Rp 1,2 Triliun Jatuh, Ekor Pesawat Ditemukan sang Pilot Hilang
nationalinterest.org
(Ilustrasi) jet tempur F-35. Angkatan Udara yang menerbangkan F-35 akan dilengkapi dengan teknologi Air-Ground Collision Avoidance System, atau AGCAS. 

TRIBUN-BALI.COM, TOKYO - Pesawat siluman jet tempur F-35 diketahui adalah pesawat canggih generasi kelima yang memiliki fitur canggih anti radar. Tak heran harga pesawat jet tempur F-35 buatan Amerika ini mencapai Rp 1,2 triliun. 

Kendati demikian, insiden jatuhnya pesawat jet tempur F-35 A milik Angkatan Udara Jepang di kawasan Pacifik membuat otoritas setempat melakukan pencarian dan misi penyelamatan bagi sang pilot. 

Melansir Kompas.com, potongan bagian dari jet tempur F-35A Jepang yang sempat hilang di perairan Samudra Pasifik pada Selasa (9/4/2019), telah ditemukan.

Temuan tersebut semakin menguatkan dugaan bahwa pesawat telah jatuh. Namun kondisi pilot hingga saat ini belum diketahui.

"Kami telah menemukan bagian ekor pesawat. Kami percaya bahwa (pesawat) itu telah jatuh. Tetapi belum ada kabar tentang nasib seorang pilot yang ada di pesawat," kata Menteri Pertahanan Jepang Takesi Iwaya, dikutip AFP, Rabu (10/4/2019).

Jet tempur F-35A milik Pasukan Bela Diri Udara Jepang dilaporkan hilang dari radar pada Selasa (9/4/2019) malam, sekitar pukul 19.30 waktu setempat setelah terbang dalam misi latihan malam di 135 kilometer timur Misawa, Jepang timur laut.

Baca: 30 Menit Terbang Jet Tempur F-35 AU Jepang Menghilang dari Radar di Kawasan Samudra Pacifik

Pesawat hilang kontak dengan markas sekitar 30 menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Misawa bersama dengan tiga pesawat tempur lainnya.

Sebelumnya, menteri pertahanan mengatakan kepada awak media di Tokyo bahwa mereka segera menggelar operasi pencarian dan penyelamatan terhadap pilot setelah menerima kabar hilangnya pesawat.

"Untuk saat ini, kami bakal mencurahkan perhatian sepenuhnya untuk keselamatan pilot," kata Iwaya saat ditanyakan penyebab jet tempur itu menghilang.

Iwaya melanjutkan hingga insiden ini selesai diselidiki, seluruh jet tempur F-35 yang berada di Pangkalan Misawa tak akan diterbangkan.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved