Kapal Selam KRI Alugoro 405 Diluncurkan, Menhan Borong 3 Kapal Selam Lagi Senilai 1,2 Miliar Dolar

Terkini, kapal selam ketiga KRI Alugoro 405 tipe diesel elektrik 209/1400 buatan PT PAL dan Korea Selatan resmi diluncurkan di Surabaya, Jawa Timur,

Facebook@lembagakeris
Kapal Selam KRI Alugoro 405 resmi diluncurkan PT PAL di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (12/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SURABAYA - Pelan namun pasti, kekuatan alutsista bawah laut Indonesia untuk TNI AL semakin disempurnakan.

Terkini, kapal selam ketiga KRI Alugoro 405 tipe diesel elektrik 209/1400 buatan PT PAL dan Korea Selatan resmi diluncurkan di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (11/4) kemarin. 

Peluncuran ini menandai kapal selam KRI Alugoro akan segera memperkuat jajaran satuan TNI AL yang rencananya akan diproyeksikan memiliki 12 kapal selam. 

Dikutip Tribun Bali dari laman Surya, Menhan Ryamizard Ryacudu bangga dengan kapal selam KRI Alugoro 405 yang merupakan salah satu buatan dalam negeri PT PAL.

Saking yakinnya dengan kecanggihan kapal perang buatan anak negeri ini, Kemenhan akan pesan tiga kapal selam lagi.

"Kami akan kembali tiga kapal selam lagi. Nantinya akan sepenuhnya produk dalam negeri dibuat di PT PAL. Kalau yang kami luncurkan ini kerja sama dengan Korsel," kata Menhan Ryamizard usai peluncuran Kapal SelamAlugoro 405 di Dermaga Kapal Selam PT PAL Ujung Surabaya, Kamis (11/4/2019).

Untuk memastikan kontrak pemesanan kapal perang tersebut, pada Jumat (12/4/2019) akan dilakukan tanda tangan kontrak. Ketiga kapal selam itu senilai 1.200 juta Dolar AS (1,2 miliar dollar AS). Menhan menyebut bahwa nilai itu untuk tiga kapal selam.

"Dengan wilayah maritim kita yang ada saat ini, idealnya perlu 12 kapal selam. Namun saat ini di Asia Tenggara, kita yang terkuat. Tidak semua negara bisa bikin kapal selam," ungkap Ryamizard. 

Yang bikin lebih bangga Menhan, dikatakan bahwa Indonesia tidak hanya mampu bikin kapal selam, namun sekaligus bisa jual.

Meski untuk kapal selam ketiga (Alugoro 405) masih join teknologi dengan Korsel, yang berikutya murni dalam negeri.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved