Smart Woman

Candra Dewi Bangun 'Bumi Setara' Bersama Tiga Sahabat, Sebuah Ruang Setara untuk Difabel

Kini sudah tiga tahun lamanya Ni Putu Candra Dewi SH menjalankan inisiatif sosial ‘Bumi Setara’ bersama tiga sahabatnya

Candra Dewi Bangun 'Bumi Setara' Bersama Tiga Sahabat, Sebuah Ruang Setara untuk Difabel
Tribun Bali/Ni Ketut Sudiani
Ni Putu Candra Dewi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kini sudah tiga tahun lamanya Ni Putu Candra Dewi SH menjalankan inisiatif sosial ‘Bumi Setara’ bersama tiga sahabatnya.

Perjalanan untuk men-setara-kan ‘bumi’, tentu bukanlah langkah yang mudah.

Berbagai hambatan dan tantangan dialaminya, namun semua itu tidak mengurangi semangatnya untuk terus membangun gerakan kemanusiaan ini.

"Ketiga kawan yang saya ajak untuk membangun adalah Ari Bathilda, Kak Siska, dan Mbk Vivi. Masing-masing latar belakangnya berbeda, tapi tujuan kami sama,” ujar Candra saat ditemui Tribun Bali belum lama ini di Denpasar. 

Keseteraan yang dimaksudkan oleh Candra adalah setaranya apresiasi dan penghargaan untuk mereka yang difabel.

Bahwa di bumi ini semuanya adalah setara, memiliki hak yang sama. Pada tahun ketiga ini, melalui Bumi Setara, Candra dan 3 pendiri lainnya telah memberikan 10 beasiswa pendidikan untuk mereka yang difable.   

Pencapaian mereka tentu bukan hanya tentang angka jumlah anak yang dibantu. Melainkan bagaimana mereka bisa memberikan akses pendidikan yang secara tidak langsung juga membantu keluarga anak yang diberikan beasiswa.

“Jadi ini bukan perkara 10 anak saja, tapi kami memandangnya bahwa membantu 10 anak, sama dengan membantu 10 keluarga,” terangnya. 

Pendanaan untuk memberikan beasiswa pendidikan, didapatnya dari sumbangsih para donatur yang disebut Kakak Buset, yakni senilai mulai Rp 100.000 setiap bulan.

Dari dana yang terkumpullah, mereka membantu keberlanjutan pendidikan anak-anak yang kurang beruntung, khususnya mereka yang difabel.

Halaman
12
Penulis: Ni Ketut Sudiani
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved