Alokasi Anggaran Pemda untuk JKN-KBS Capai Rp 450 Miliar

Anggaran yang disiapkan oleh pemerintah daerah untuk alokasi Penerima Bantuan Iuran (PBI) daerah berupa JKN-KBS mencapai Rp 450 miliar

Alokasi Anggaran Pemda untuk JKN-KBS Capai Rp 450 Miliar
Tribun Bali/Wema Satyadinata
PROGRAM KESEHATAN - Peluncuran program Jaminan Kesehatan Nasional-Krama Bali Sejahtera (JKN-KBS), dan Rapat Koordinasi Kesehatan Daerah Pemerintah Provinsi Bali di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Rabu (27/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Anggaran yang disiapkan oleh pemerintah daerah untuk alokasi Penerima Bantuan Iuran (PBI) daerah berupa Jaminan Kesehatan Nasional Krama Bali Sehat (JKN-KBS) mencapai Rp 450 miliar.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya.

Dikatakan, pemerintah daerah pada tahun 2019 ini mengalokasikan anggaran Rp 450 miliar untuk PBI daerah, dengan sekitar 1,4 juta masyarakat yang dibiayai.

"Jadi tahun ini alokasi anggaran untuk penyaluran JKN-KBS dari pemerintah daerah mencapai Rp 450 miliar, dan capaiannya sekarang mencapai 98 persen lebih yang sudah ter-cover JKN-KBS," ujarnya saat dihubungi Tribun Bali, Jumat (26/4/2019).

Baca: Bawaslu Laporkan Kasus Perusakan Surat Suara di TPS 29 ke SPKT Polres Tabanan

Baca: Download di Sini: Jadwal Imsakiyah Tahun 2019, Sahur & Berbuka untuk Seluruh Indonesia Termasuk Bali

Suarjaya memaparkan, dibandingkan tahun lalu, memang mengalami peningkatan.

Dari capaian 83 persen tahun lalu menjadi 98 persen tahun 2019 ini.

"Untuk tahun 2018 lalu, anggaran itu dari APBD provinsi sebesar Rp 110 miliar dengan capaian 83 persen. Karena sekarang total coverage, jadi sekarang yang belum ter-cover agar di-cover. Makanya capaiannya sekarang mencapai 98 persen lebih," paparnya.

Tambahnya, nanti di tahun 2020 rencananya akan 100 persen, dengan mengalokasikan anggaran yang belum ter-cover agar mencapai 100 persen yang tercover.

Baca: Diduga karena Tak Mencoblosnya, Caleg PKS di Kolaka Utara Ini Bongkar Rumah Pasangan Lansia

Baca: Benarkah Instagram Erin Taulany Diretas? Pakar Telematika Ungkap Cara Buktikan Kebenarannya

"Terkait dananya nantikan tergantung berapa yang belum ter-cover, itu nanti kita siapkan," jelasnya.

Diketahui, saat acara Menteri Kesehatan RI di Sanur, Bali, Kamis (25/4/2019) kemarin, Gubernur Koster mengatakan, pemerintah provinsi Bali sudah membuat regulasi yang telah diimplementasikan tahun 2019 ini yaitu JKN-KBS melalui Pergub No. 104 tahun 2018.

"Jaminan ini diatur bahwa semua krama Bali mememperoleh JKN-KBS melalui pembiayaan provinsi dengan Kabupaten/Kota," ujarnya.(*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved