Berita Banyuwangi

Budayakan Hidup Bersih, Banyuwangi Gelar Festival Toilet dan Kali Bersih

Untuk mengkampanyekan budaya hidup bersih, Pemkab Banyuwangi secara ajeg menggelar Festival Toilet dan Kali Bersih.

Budayakan Hidup Bersih, Banyuwangi Gelar Festival Toilet dan Kali Bersih
haorrahman
Festival Toilet dan Kali Bersih di stren Sungai Gadog, Desa Karangbendo Rogojampi, Jumat (26/4/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Untuk mengkampanyekan budaya hidup bersih, Pemkab Banyuwangi secara ajeg menggelar Festival Toilet dan Kali Bersih.

Festival yang digelar di stren Sungai Gadog, Desa Karangbendo Rogojampi, Jumat (26/4/2019) dibuka Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dengan menebar ribuan benih ikan nila secara simbolis.

Dikatakan Bupati Anas, kampanye lewat festival terus digelar sebagai untuk menjadikan hidup bersih sebagai budaya yang tertanam dalam masyarakat.

"Mudah-mudahan dengan kampanye tentang toilet dan sungai bersih bisa tumbuh kesadaran kolektif dari warga akan pentingnya hal tersebut," ujarnya.

Festival tersebut digelar dengan melibatkan murid TK Islam Unggulan Miftahul Falah, yang tak jauh dari lokasi penyelenggaraan.

Bahkan, Bupati Anas memberikan contoh menjaga kebersihan toilet dengan cara mengajak mereka membersihkan toilet sekolah.

Baca: Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Salurkan Rp 910 Juta kepada 16 Mitra Binaan

Baca: Remaja Tewas Setelah Digigit Semut, Awal Tubuh Terasa Gatal dan Panas, Ini Cara Pencegahannya

"Kami terus mendorong upaya membudayakan sikap hidup bersih bukan hanya di level atas, tapi juga ke anak-anak sekolah. Harapannya, agar dalam benak anak-anak tertanam kepedulian akan kebersihan," kata Anas.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Husnul Chotimah menambahkan bahwa dampak festival kali bersih ini telah tumbuh kesadaran pada warga untuk memelihara kebersihan saluran tersier dan sekunder yang ada di wilayahnya.

Baca: Polwan Polda Bali dan Polres Badung Bersihkan Areal Wantilan Desa Bebandem

"Bahkan mereka juga memanfaatkan kebersihan sungai dengan menebar ikan secara terkendali untuk mendapatkan manfaat ekonomi. Kami juga telah melakukan pemasangan screen/filter di sungai-sungai untuk mensterilkan sungai dari sampa," kata Husnul.

Setiap tahun Dinas LH juga melakukan kompetisi toilet bersih di tempat pelayanan publik dan lomba kebersihan kali. (haorrahman)

Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved