31 Ribu Lansia Telantar di Bali, Masuk Peringkat Atas Jumlah Lansia Terbanyak di Indonesia

Data Badan Pusat Statistik mencatat jumlah warga lanjut usia (lansia) di Bali 441 ribu jiwa pada tahun 2018.

31 Ribu Lansia Telantar di Bali, Masuk Peringkat Atas Jumlah Lansia Terbanyak di Indonesia
Dok Humas Pemprov Bali/Tribun Bali
Panti Lansia-Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra, saat melihat Werdha Syailendra Bali di Jalan Uluwatu, Jimbaran, yang dibangun pihak swasta untuk lansia, Sabtu (27/4/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah warga lanjut usia (lansia) di Bali 441 ribu jiwa pada tahun 2018.

Jumlah tersebut merupakan 10,5 persen dari total penduduk Bali yang mencapai 4,2 juta jiwa. Dari jumlah lansia, terdata ada 31 ribu jiwa yang telantar.  

Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra, mengatakan dengan jumlah penduduk lansia mencapai angka 441 ribu, menjadikan Pulau Dewata sebagai satu di antara provinsi yang penduduk lansianya tertinggi di Indonesia.

Dari total lansia tersebut, kurang lebih sebanyak  31 ribu hidup telantar.

Kategori telantar yakni dia hidup sebatang kara, menyendiri tanpa didampingi keluarganya dan ada juga yang sengaja ditelantarkan oleh keluarganya. 

Jumlah lansia yang cukup tinggi kata dia sebanding dengan peringkat Provinsi Bali menempati posisi kelima dalam Angka Index Pembangunan Manusia (IPM).

Baca: Utamakan Anjing Liar & Lokal, Jumlah Anjing yang Divaksinasi di Denpasar Capai 58.954

IPM Bali saat ini mencapai angka 74,3, lebih tinggi dari rata-rata nasional yang angkanya hanya 70,1.

Parameter IPM sendiri meliputi kualitas pendidikan, umur panjang, kualitas kesehatan, serta kemampuan daya beli (Standar hidup layak).

Dengan angka IPM yang tinggi, membuat harapan hidup di Bali juga tinggi sampai mencapai usia 72 tahun. Namun, dengan harapan hidup yang lebih tinggi, membuat jumlah lansia di Bali juga ikut bertambah.

"Hal ini tentu akan membawa persoalan bagi orang-orang yang memasuki lansia," kata dia di sela-sela menghadiri upacara pemelaspas Panti Werdha Syailendra Bali di Jalan Uluwatu, Jimbaran, yang dibangun pihak swasta Rama Group Bali, untuk lansia, Sabtu (27/4

Halaman
123
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved