Dewan Penasehat Keamanan Luar Negeri (OSAC) Cabang Bali Diresmikan di Nusa Dua

Konsulat Jenderal Amerika Serikat Surabaya, Selasa (30/04/2019) meresmikan dewan penasehat keamanan luar negeri (Oversease Security Advising Council

Dewan Penasehat Keamanan Luar Negeri (OSAC) Cabang Bali Diresmikan di Nusa Dua
Tribun Bali/Meika Pestaria Tumanggor
Peserta yang menghadiri Peresmian Dewan Penasehat Keamanan Luar Negeri (Oversease Security Advising Council/ OSAC) Cabang Bali, di Nusa Dua, Selasa (30/4/2019). 

Laporan Tribun Bali/ Meika Pestaria Tumanggor

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Konsulat Jenderal Amerika Serikat Surabaya, Selasa (30/04/2019) meresmikan dewan penasehat keamanan luar negeri (Oversease Security Advising Council/ OSAC) Cabang Bali.

Kegiatan ini digelar di Courtyard Marriott Bali Nusa Dua Resort.

Dan dibuka oleh Konsul Jenderal AS Mark McGovern dan Pejabat Pelaksana Wakil Duta Besar AS di Indonesia Brendan Murray.

Turut hadir 60 lebih general manager dan direktur keamanan dari berbagai hotel yang menjadi anggota OSAC, Kapolda Bali dan BPBD Bali.

Konsul Jenderal Mark McGovern mengatakan dewan penasihat keamanan luar negeri adalah wadah untuk berbagi informasi keamanan antara sektor bisnis dan pemerintah AS.

"Oversease Security Advising Council (OSAC) didirikan sebagai wadah utk berkomunikasi antara sektor bisnis dan kedutaan Amerika untuk sharing informasi tentang keamanan selama 30 tahun. Seiring berjalannya waktu, OSAC berkembang sehingga jaringannya meluas ke partner internasional, kedutaan lain, konsulat lain, dan berbagai perusahaan dari Amerika serikat terutama di Bali, yang befokus pada industri pariwisata. Kita ingin menjaga industri di Bali dan kemanannya", katanya.

Mark McGovern menambahkan, aliansi ini memperkuat bagian penting dari ekonomi Indonesia, dan dapat meningkatkan keamanan dan kepercayaan bagi jutaan wisatawan yang mengunjungi Bali setiap tahunnya.

"Ini adalah contoh kemitraan antara Amerika Serikat dan Indonesia, dan menunjukkan komitmen kami terhadap stabilitas dan keamanan di kawasan ini", kata Mark McGovern.

Pada kegiatan ini, Kedubes Amerika Serikat di Indonesia bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan berafiliasi dengan Bali Hotels Association, juga menggelar pelatihan medical first responder, yang terdiri dari first aid, CPR dan persiapan tanggap bencana.

Pelatihan ini diikuti petugas responder pertama dan staf keamanan dari Bali Hotels Association. (*)

Penulis: Meika Pestaria Tumanggor
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved