BPBD Bali Tingkatkan Rasa Aman, Informasi Dari BMKG Jadi Acuan Penanganan Bencana

Bencana yang terjadi belakangan ini di Indonesia membuat peningkatan kemampuan dalam bidang kebencanaan terus dilakukan.

BPBD Bali Tingkatkan Rasa Aman, Informasi Dari BMKG Jadi Acuan Penanganan Bencana
Tribun Bali/Firizqi Irwan
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin bersama jajaran BMKG Wilayah III Denpasar dan Maritim saat ditemui di Quest Hotel Kuta, Tuban, Kuta, Badung beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, teruskan sinergitas bersama dengan BMKG dalam kebencanaan, Selasa (30/4/2019).

Bencana yang terjadi belakangan ini di Indonesia membuat peningkatan kemampuan dalam bidang kebencanaan terus dilakukan.

Belajar dari bencana yang  melanda beberapa tempat di Indonesia, membuat BPBD Bali terus meningkatkan informasi melalui BMKG.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin mengatakan kepada Tribun Bali dengan sinergitas ini ia ingin tingkatkan rasa aman, nyaman dan keselamatan bagi semua.

"Berbicara soal kebencanaan, bersama BMKG, BPBD Provinsi Bali terus meningkatkan rasa aman, nyaman dan keselamatan. BPBD berharap kebersamaan dengan BMKG terus dapat ditingkatkan, karena hal itu tentu merupakan satu bentuk dalam menjaga keselamatan masyarakat bersama khususnya daerah Bali," ujarnya.

Namun tidak hanya dengan BMKG saja, BPBD Bali juga melaksanakan sinergitas bersama Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Pertanian, Bappeda, BPKAD dan juga Inspektorat serta stakeholder.

Bersama-sama membahas terkait dampak yang ditimbulkannya jika terjadi musibah di wilayah Bali, bahkan juga terkait anggaran dana yang akan dikeluarkan.

"Support anggaran juga kita bahas untuk pembahasan ini. Kiblat BPBD dalam hal bencana ya dari BMKG, baik soal perkiraan cuaca, potensi kegempaan dan juga informasi lainnya," ungkapnya.

"Kita terus bersinergi dengan BMKG dalam informasi apapun, ketika resmi dikeluarkan oleh BMKG kita akan berikan himbauan kepada masyarakat krama Bali bahwa ada beberapa peringatan dan perlu kita perhatikan serta langkah-langkah dalam mengantisipasinya," lanjutnya.

BPBD Bali juga telah menyiapkan peta rawan bencana dan sosialisasi berbagai segi kebencanaan kepada masyarakat Bali.

"Tugas kami BPBD adalah untuk merangkul, mengajak dan menyadarkan masyarakat untuk memiliki sikap kesiap siagaan bencana yang tinggi, salah satu acuannya adalah peringatan cuaca dan kegempaan yang kini berkaitannya dengan kondisi saat ini yang dilaporkan oleh BMKG," ungkapnya.

"Oleh karena itu, kita selalu bersinergi dengan segala komponen yang ada salah satunya ya dengan BMKG," tambahnya. (*)

Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved