BMKG Peringatkan 16 Provinsi Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologis Hingga 6 Mei Termasuk Bali

Masih terpantau adanya aktivitas MJO (Madden Julian Oscillation) di wilayah Indonesia bagian timur.

BMKG Peringatkan 16 Provinsi Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologis Hingga 6 Mei Termasuk Bali
TRIBUN BALI/ZAENAL NUR ARIFIN
Proses pemantauan di Kantor Balai BMKG Wilayah III Denpasar, Jumat (24/8/2019). 

TRIBUN-BALI.COM - Dilansir oleh setkab.go.id, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya hujan lebat hingga awal Mei 2019.

Hal ini karena berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, masih terpantau adanya aktivitas MJO (Madden Julian Oscillation) di wilayah Indonesia bagian timur.

“Hal tersebut mengakibatkan pembentukan beberapa sirkulasi siklonik di wilayah Laut Sulawesi, Perairan Utara Jawa Timur dan Laut Arafura, serta adanya daerah pertemuan angin dan belokan angin di wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Metereologi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Drs. R. Mulyono R. Prabowo, M.Sc, dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Kondisi tersebut, menurut BMKG, diprakirakan akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian timur pada periode akhir bulan April hingga awal Mei 2019.

Ia menyebutkan, wilayah yang berpotensi hujan lebat pada periode 30 April – 6 Mei 2019 di sebagian besar wilayah Indonesia antara lain:

- Kalimantan Timur

- Kalimantan Utara

- Sulawesi Tengah

- Sulawesi Barat

- Sulawesi Tenggara

Halaman
1234
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved