Makan Durian Sebaiknya Jangan Berlebihan Karena Dampaknya Bisa Seperti Ini

Tes darah pun dilakukan untuk membuktikan ucapan pria tersebut. Hasilnya, tidak ada alkohol dalam darahnya. Karena penasaran

Makan Durian Sebaiknya Jangan Berlebihan Karena Dampaknya Bisa  Seperti Ini
Kompas.com
ilustrasi 

Makan Durian Sebaiknya Jangan Berlebihan Karena Bisa Gagal Tes Alkohol

TRIBUN-BALI.COM, BEIJING - Bagi sebagian orang, durian memiliki reputasi buruk karena baunya seperti kaus kaki penuh keringat.

Tapi menurut yang lain, King of Fruit ini punya cita rasa unik sehingga tak jarang harganya menjadi sangat mahal.

Di China, buah berduri ini menjadi masalah bagi polisi. Seorang pria di "Negeri Panda" itu gagal melewati tes alkohol karena mengaku terlalu banyak makan durian.

Diwartakan BBC, Rabu (1/5/2019), pria di Rudong, Jiangsu, tersebut diberhentikan polisi ketika diduga mabuk sambil mengemudi.

Dalam video yang direkam polisi dan diunggah di Pear Video, dia gagal dalam pemeriksaan kadar alkohol. "Saya baru saja makan durian," katanya.

Baca: Hasilkan 1000 Kg Sampah Medis Per Hari, RSUP Sanglah Lakukan Kerja Sama dengan Pihak Ketiga

Baca: Sindiran Pedas Najwa Shihab Usai Setya Novanto Kepergok Makan di Restoran Padang

Tes darah pun dilakukan untuk membuktikan ucapan pria tersebut. Hasilnya, tidak ada alkohol dalam darahnya. Karena penasaran, polisi akhirnya melakukan uji coba untuk memeriksa keabsahan klaim pria itu.

Dalam investigasi yang digelar pada 29 April lalu, seorang polisi makan buah durian kemudian menjalani tes alkohol.

Dari tes itu didapati kadar alkohol petugas itu menjadi 36 mg per 100 ml. Batas kadar alkohol dalam tubuh di China adalah 0,02 persen, atau sekitar 20 mg per 100 ml.

Tiga menit setelah mengikuti tes, petugas polisi kembali menjalani tes ulang dengan alat breathalyser yang menunjukkan hasil negatif.

Dalam video itu, muncul peringatan agar tidak makan buah saat mengemudi, termasuk leci dan produk lain seperti obat kumur.

Baca: Ramalan Zodiak Hari Ini 2 Mei 2019: Leo Menemukan Dirinya, Karier dan Asmara Cancer Menakjubkan!

Baca: Waspada Sindrom Nasi Goreng, Keracunan Makanan karena Nasi yang Sudah Basi

Malay Mail melaporkan, ini bukan kali pertama breathalyser menunjukkan hasil positif untuk produk non-alkohol yang telah dikonsumsi manusia.

Pada Januari lalu, seorang pengemudi truk Australia makan roti berjuluk hot cross bun dan didapati ada kadar alkohol dalam darahnya.

Banyak makanan lain kemungkinan menyebabkan gagal melewati tes alkohol, termasuk jus jeruk, roti putih, saus pedas, ekstrak vanila, dan permen karet tanpa gula.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Setelah Makan Durian, Polisi di China Gagal Lalui Tes Alkohol

Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved