Sinergi Laksanakan Pelatihan DVI, Dokkes Polda Bali Kunjungi BPBD Bali

Sinergi Laksanakan Pelatihan DVI, Dokkes Polda Bali Kunjungi BPBD Bali

Sinergi Laksanakan Pelatihan DVI, Dokkes Polda Bali Kunjungi BPBD Bali
Kalaksa BPBD Bali/Made Rentin
Suasana kunjungan Dokkes Polda Bali yang dipimpin oleh Kepala Bidang Dokkes Polda Bali Kombes Pol Dr Nyoman Edi ke Kantor BPBD Bali, Kamis (2/5/2019). Sinergi Laksanakan Pelatihan DVI, Dokkes Polda Bali Kunjungi BPBD Bali 

Sinergi Laksanakan Pelatihan DVI, Dokkes Polda Bali Kunjungi BPBD Bali

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kalaksa BPBD Provinsi Bali, Made Rentin didampingi Sekretaris BPBD dan Kepala UPTD menerima kunjungan Dokkes Polda Bali, yang dipimpin oleh Kepala Bidang Dokkes Polda Bali Kombes Pol Dr Nyoman Edi bersama 3 (tiga) orang anggota di ruang kerjanya, Kamis (2/5/2019)

Mengawali perbincangan penuh keakraban itu, kedua pejabat yang sama-sama baru bertugas hitungan bulan itu saling bertukar informasi dalam pelaksanaan tugas, dan berkeinginan untuk memperkuat koordinasi dan kerja sama.

Kalaksa BPBD Provinsi Bali mengapresiasi dan berterima kasih, karena selama ini pihak Polda Bali (khususnya Bidang Dokkes) telah banyak membantu, baik dalam upaya peningkatan kapasitas personel maupun upaya identifikasi korban bencana.

Dalam catatan yang ada di BPBD Provinsi Bali, tahun 2017 sudah pernah dilakanakan Pelatihan Disaster Victim Identification (DVI) melibatkan lintas instansi termasuk BPBD Bali. 

Baca: Viral! Video Detik-detik Pilot Lion Air Aniaya Staf Hotel di Surabaya, Maskapai Beri Sanksi Ini

Baca: Teco Tak Ingin Salah Pasang Pemain, Siapkan Skuat Terbaik Hadapi Persija Jakarta

“Pelatihan ini sebagai upaya mewujudkan personel yang profesional, modern, terpercaya dalam menangani bencana massal di wilayah Provinsi Bali,” kata Rentin dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Jumat (3/5/2019).

Lebih lanjut Rentin menjelaskan pelatihan yang sudah pernah dilaksanakan, sebagai wujud sinergitas dari berbagai pihak karena menurutnya urusan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab BPBD semata, tetapi urusan semua orang dan multi pihak. 

Kabid Dokkes Polda Bali Kombes Pol Dr Nyoman Edi, secara singkat menguraikan tugas utamanya, bahwa proses identifikasi menjadi satu hal yang wajib untuk dilakukan terhadap korban bencana. 

Baca: DPRD Minta Dinkes Selidiki Temuan Sampah Medis, Komisi IV Rencana Gelar Rapat Kerja Senin Depan

Baca: Syahrini Dan Reino Barack Akan Adakan Resepsi Hari Ini, Kabarnya Live di TV

“Keakuratan dan ketepatan atas hasil dari proses identifikasi menjadi mutlak, sehingga diperlukan tenaga-tenaga yang profesional dan terampil, agar kesalahan ataupun kekeliruan dalam proses identifikasi dapat diminimalisasi atau bahkan ditiadakan,” tuturnya.

Lebih lanjut Perwira Melati Tiga itu menyampaikan harapan agar Provinsi Bali mempunyai Tim DVI yang terlatih dan bersifat permanen, dalam pelaksanaan tugasnya, memerlukan kerja sama dan dukungan berbagai pihak.

Pada akhir pertemuan pejabat dari kedua lembaga ini (BPBD - Dokkes) melakukan foto bersama, dengan ciri khas utama kepalan tangan ‘salam tangguh’, dan ternyata juga memiliki makna bagi Dokkes yaitu ‘Salam promoter’ yang bermakna Profesional, Modern, dan Terpercaya. (*)

Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved