Dekat dengan Bali Pustari Usulkan Banyuwangi Jadi Ibu Kota Negara RI, Begini Penjelasannya

Bukan tanpa alasan, Pustari menyebutkan Banyuwangi masuk dalam kriteria yang tepat untuk dijadikan ibu kota, sekaligus dapat menghemat biaya anggaran.

Dekat dengan Bali Pustari Usulkan Banyuwangi Jadi Ibu Kota Negara RI, Begini Penjelasannya
Capture Wikipedia
Peta lokasi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

TRIBUN-BALI.COM, JEMBER -- Rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara Republik Indonesia memantik respon dari berbagai pihak. 

Satu diantaranya dari Pusat Tampung Aspirasi Masyarakat Indonesia (Pustari) yang mengusulkan ibu kota negara sebaiknya dipindahkan ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Bukan tanpa alasan, Pustari menyebutkan Banyuwangi masuk dalam kriteria yang tepat untuk dijadikan ibu kota, sekaligus dapat menghemat biaya anggaran.  

Dilansir Tribun Bali dari Kompas.com, Koordinator Nasional Pustari, Arum Sabil menjelaskan, pengusulan Kabupaten Banyuwangi sebagai ibu kota negara bukannya tanpa alasan.

“Dari hasil FGD yang kami lakukan di sejumlah wilayah, rupanya Banyuwangi masuk kriteria untuk menjadi ibu kota negara,” katanya kepada Kompas.com, Jumat (3/5/2019).

Koordinator Nasional Pusat Tampung Aspirasi Masyarakat Indonesia (Pustari), Arum Sabil, Mengusulkan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk jadi ibu kota negara.
Koordinator Nasional Pusat Tampung Aspirasi Masyarakat Indonesia (Pustari), Arum Sabil, Mengusulkan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, untuk jadi ibu kota negara. (KOMPAS.com/ Ahmad Winarno)

Menurut Arum, jika ibu kota negara dipindah ke Banyuwangi, maka pemerintah bisa menghemat anggaran yang cukup besar.

“Di Banyuwangi, tanah milik negara cukup banyak, dan cukup luas. Sehingga, pemerintah tidak perlu lagi untuk mengeluarkan biaya pembebasan tanah,” tambahnya.

Selain itu, kondisi sumber daya alam seperti air dan udara di Banyuwangi cukup bagus.

“Membangun ibu kota itu membangun peradaban, maka seharusnya sumber mata airnya harus dipastikan terlebih dahulu. Nah, di Banyuwangi airnya bukan hanya bersih tetapi sehat, demikian pula dengan udaranya,” paparnya.

Jika dibandingkan dengan Palangkaraya, yang menjadi salah satu opsi tempat untuk pemindahan ibu kota, masih lebih baik Banyuwangi.

Halaman
12
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved