WNA Overstay Didenda Rp 1 Juta per Mei Ini, Pemkab Badung Takut Turis Asing Pindah ke Singapura

"Kalau untuk efek jera bagus. Tapi, yang akan jadi masalah WNA yang perorangan karena mereka seenaknya mau liburan ke mana-mana,"

WNA Overstay Didenda Rp 1 Juta per Mei Ini, Pemkab Badung Takut Turis Asing Pindah ke Singapura
dokumentasi Tribun Bali
Dua wisawatan asing mempelihatkan poster bertuliskan tujuan mereka "Padang Bai" Karangasem, beberapa waktu lalu. Diduga wistawan tersebutu kehibasan uang saat berwisata. Dengan aturan WNA jika over stay 1 Hari akan dikenakan denda sebesar Rp 1 Juta, dinilai akan memberatkan. Dampaknya, turis asing akan pindah ke Singapura 

WNA Overstay Didenda Rp 1 Juta per Mei Ini, Pemkab Badung Takut Turis Asing Pindah ke Singapura

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Bagi Warna Negara Asing atau WNA jika over stay 1 Hari akan dikenakan denda sebesar Rp 1 Juta.

Kebijakan ini berlaku terhitung sejak tanggal 3 Mei 2019.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2019 Tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kementerian Hukum dan HAM RI.

Setiap orang asing yang berada di Wilayah Indonesia Melampui Waktu Tidak Lebih dari 60 (enam puluh) hari dari izin keimigrasian yang diberikan dikenakan DENDA Rp 1 Juta/hari.

Namun Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pariwisata sangat menyayangkan hal tersebut.

Aturan yang sangat berat itu bisa memengaruhi kunjungan wisatawan.

Alasannya, banyak turis asing perorangan yang dantang ke Bali.

"Kalau untuk efek jera bagus. Tapi, yang akan jadi masalah WNA yang perorangan karena mereka seenaknya mau liburan ke mana-mana," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, I Made Badra, Sabtu (4/5/2019).

Berbeda dengan WNA yang datangnya perkelompok, menurut Badra mereka menggunakan Travel Agent, sehingga izinnya atau batas over-staynya akan diingatkan pihak travel.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved