Berada di Ring of Fire, BPBD Bali Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana

BPBD Provinsi Bali mengimbau seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana

Berada di Ring of Fire, BPBD Bali Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana
Istimewa
Ilustrasi Ring of fire. Berada di Ring of Fire, BPBD Bali Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana 

Berada di Ring of Fire, BPBD Bali Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesiapsiagaan Terhadap Bencana

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali mengimbau seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana.

Pasalnya, Pulau Bali ini terletak pada ring of fire.

Peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana ini bisa dimulai dari lingkup terkecil yakni diri sendiri dan keluarga.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali Made Rentin mengajak semua pihak untuk secara rutin melaksanakan simulasi terhadap bencana.

Baca: Pelestarian Bahasa Bali Lewat Teknologi Digital, Putri Suastini Berharap Partisipasi Milenial

Baca: Piagam PKB Tak Berlaku Pada PPDB SMA, Bagaimana dengan PPDB SMP di Denpasar? Simak Penjelasannya

"BPBD mengajak kita semua untuk secara rutin melakukan simulasi, apalagi Bapak Gubernur Bali sudah menetapkan Hari Simulasi Bencana Provinsi Bali setiap tanggal 26. Mari sama-sama kita sukseskan," ajaknya.

Hal itu disampaikan Rentin pada saat acara Hiburan Rakyat Terima Kasih Indonesiaku di Lapangan Puputan Margarana Monumen Bajra Sandi, Renon, Denpasar, Minggu (5/5/2019) pagi.

Acara Hiburan Rakyat Terima Kasih Indonesiaku di Lapangan Puputan Margarana Monumen Bajra Sandi, Renon, Denpasar, Minggu (5/5/2019) pagi.
Acara Hiburan Rakyat Terima Kasih Indonesiaku di Lapangan Puputan Margarana Monumen Bajra Sandi, Renon, Denpasar, Minggu (5/5/2019) pagi. (Dokumentasi Hiburan Rakyat Terima Kasih Indonesiaku)

Rentin menjelaskan, keberadaan Pulau Bali ini terletak pada ring of fire sehingga tidak dapat dipungkiri memiliki potensi bencana yang cukup tinggi.

Potensi bencana itu diantaranya berupa gempa bumi maupun tsunami, termasuk bahaya erupsi Gunung Agung yang akhir-akhir ini mengalamai peningkatan aktivitas.

Baca: Banyak Anak Hobi Main Gadget, Istri Gubernur Bali Minta Orangtua Aktif Kenalkan Seni Pada Buah Hati

Baca: Ketua FKUB Badung Apresiasi Seluruh Penyelenggara Pemilu 2019

Acara Terima Kasih Indonesiaku digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan (Kanwil Kemhan) Provinsi Bali yang juga bekerjasama dengan BPBD Provinsi Bali mengimbau masyarakat agar kembali berangkulan pasca Pemilu 17 April 2019 lalu.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dan dimeriahkan oleh Sekaa Bondres serta penampilan penyanyi Joni Agung yang membawakan lagu-lagu bernuansa persatuan dan kesatuan.

Kegiatan senam zumba pada acara Hiburan Rakyat Terima Kasih Indonesiaku di Lapangan Puputan Margarana Monumen Bajra Sandi, Renon, Denpasar, Minggu (5/5/2019).
Kegiatan senam zumba pada acara Hiburan Rakyat Terima Kasih Indonesiaku di Lapangan Puputan Margarana Monumen Bajra Sandi, Renon, Denpasar, Minggu (5/5/2019). (Dokumentasi Penyelenggara Hiburan Rakyat Terima Kasih Indonesiaku)

Wagub Cok Ace mengapresiasi kegiatan dari Kanwil Kemenhan Bali yang bekerjasama dengan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali itu.

"Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada penyelenggara, khususnya kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan (Kakanwil Kemhan) Provinsi Bali yang telah memprakarsai kegiatan ini, bekerja sama dengan BPBD Provinsi Bali," terangnya.

"Saya berharap melalui kegiatan Pentas Budaya Perdamaian Nusantara ini, mampu menggugah hati kita untuk mempertebal rasa dan semangat kebangsaan, demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai," kata eks Bupati Gianyar ini. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved