Pelestarian Bahasa Bali Lewat Teknologi Digital, Putri Suastini Berharap Partisipasi Milenial

Istri Gubernur Bali Luh Putu Putri Suastini menilai keberadaan bahasa Bali saat perlu dilakukan pelestarian

Pelestarian Bahasa Bali Lewat Teknologi Digital, Putri Suastini Berharap Partisipasi Milenial
Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali
Istri Gubernur Bali Luh Putu Putri Suastini (biru) berfoto bersama saat launching Buku dan Karakter Prawireng Putri Bali "Luh Ayu Manik Mas" oleh BASAbali Wiki di Aula Sadhu Gocara Yayasan Pusat Dwijendra, Denpasar, Sabtu (4/5/2019) pagi. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Istri Gubernur Bali Luh Putu Putri Suastini menilai keberadaan bahasa Bali saat perlu dilakukan pelestarian.

Pelestarian bahasa Bali dilakukan melalui pendidikan maupun dengan memanfaatkan teknologi digital, mengingat bahasa tersebut pada era globalisasi seperti saat ini semakin jarang digunakan oleh masyarakat Bali sendiri.

Hal ini disampaikan Putri Suastini saat launching Buku dan Karakter Prawireng Putri Bali "Luh Ayu Manik Mas" oleh BASAbali Wiki di Aula Sadhu Gocara Yayasan Pusat Dwijendra, Denpasar, Sabtu (4/5/2019) pagi.

Untuk itu, pelestarian bahasa Bali perlu dilakukan dengan berbagai cara agar tetap eksis, seperti halnya BASAbali Wiki.

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengajegkan bahasa Bali. Bahasa Bali merupakan bahasa Ibu. Jangan sampai kita lupa dengan bahasa Bali. Mari kita bangga menggunakan bahasa Bali dalam keseharian. Kita yang harus melestarikan bahasa Bali," ujarnya.

Baca: Ada Diskusi Tentang Nyama Selam di Bentara Budaya Bali, Ini Acara Seni Selama Sepekan Kedepan

Baca: Sambut Era Pendidikan 4.0, IGI Bali Gelar Pembelajaran Berbasis STEAM

Pada kesempatan tersebut, Putri Suastini menyambut baik apa yang dilakukan oleh BASAbali Wiki dengan meluncurkan Buku dan Karakter Prawireng Putri Bali.

Menurutnya, hal tersebut merupakan cara dalam menjaga dan melestarikan bahasa Bali.

"Kita harus menjaga seni, adat dan budaya Bali. Dengan adanya BASAbali Wiki ini, kita berharap khususnya kepada generasi milenial bisa kembali bergairah untuk memelajari bahasa Bali," jelasnya.

"Saya menyambut baik apa yang dilakukan oleh BASAbali Wiki sebagai wujud nyata dalam pelestarian budaya, adat Bali," ungkapnya lagi.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved