Resmi Menjadi Raja Thailand,  Raja Vajiralongkorn Kenakan Mahkota Emas Seberat 7,3 Kg & Jubah Emas

Saat upacara tahbisan, Raja Vajiralongkorn mengenakan mahkota emas seberat 7,3 kg, jubah emas, dan celana bersulam emas.

Resmi Menjadi Raja Thailand,  Raja Vajiralongkorn Kenakan Mahkota Emas Seberat 7,3 Kg & Jubah Emas
Kolase/AFP Handout
Maha Vajiralongkorn menjalani ritual penahbisan sebagai Raja Thailand dengan didampingi Ratu Suthida di Istana Kerajaan di Bangkok, Sabtu (4/5/2019). Rangkaian penahbisan Maha Vajiralongkorn yang bergelar Rama X itu akan berlangsung selama tiga hari diantaranya adalah acara pengarakan raja di jalanan ibukota Bangkok. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGKOK - Setelah tiga tahun sejak ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, meninggal dunia, pewaris Kerajaan Thailand ditahbiskan sebagai raja di negeri Gajah Putih tersebut.

Raja Vajiralongkorn (66) ditahbiskan di Aula Amarindra Vinicchaya, Istana Kerajaan Thailand, Bangkok, Sabtu (4/5).

Saat upacara tahbisan, Raja Vajiralongkorn mengenakan mahkota emas seberat 7,3 kg, jubah emas, dan celana bersulam emas.

Ritual pelantikan Raja Thailand akan berlangsung selama tiga hari sejak Sabtu kemarin.

Ritual penobatan dimulai tepat pada pukul 10.09 waktu setempat.

Penentuan waktu upacara didasarkan pada hitungan yang rumit dan ilmu astrologi sehingga ketemu waktu yang baik.

Upacara diawali pengurapan menggunakan air suci yang dikumpulkan dari lebih 100 lokasi di seluruh Thailand.

Sang raja kemudian menerima lima tanda kerajaan (simbol kerajaan), satu di antaranya Mahkota Kemenangan terbuat dari emas dan bagian atasnya ada berlian dari India.

Meskipun Raja Vajiralongkorn telah naik takhta sejak 2016, dalam tradisi Thailand ia belum dapat dianggap sebagai wakil dewa di Bumi atau pelindung utama agama Buddha sampai ia ditahbiskan.

Potongan tayangan televisi dari Thai TV Pool pada 4 Mei 2019 memperlihatkan Maha Vajiralongkorn ketika dinobatkan sebagai Raja Thailand dengan gelar Rama X dari Dinasti Chakri.
Potongan tayangan televisi dari Thai TV Pool pada 4 Mei 2019 memperlihatkan Maha Vajiralongkorn ketika dinobatkan sebagai Raja Thailand dengan gelar Rama X dari Dinasti Chakri. (THAI TV POOL/AFP)

Rangkaian upacara pada Sabtu diakhiri oleh acara membawa Raja yang menaiki tandu keemasan ke Kuil Emas Zamrud di Bangkok.

Halaman
123
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved