Ramadan 2019

Balai Besar POM Denpasar Lakukan Sidak di Dua Tempat Ini

Petugas mengecek mulai dari waktu kedaluwarsanya dan kemudian dibawa untuk dilakukan pengecekan kadar makanan.

Balai Besar POM Denpasar Lakukan Sidak di Dua Tempat Ini
Tribun Bali/Rizal Fanany
Petugas BBPOM Denpasar melakukan sidak dan mengambil sampling makanan di Pasar Takjil Ramadan di kampung Jawa,Wanasari, Denpasar, Bali, Senin (6/5/2019). 

Balai Besar POM Denpasar Lakukan Sidak di Dua Tempat Ini

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pada awal bulan Ramadan ini, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Denpasar melakukan pengawasan pangan di dua tempat, yakni Tiara Dewata dan di Kampung Jawa. Senin (6/5/2019).

"Kegiatan pengawasan pangan ini untuk mencegah makanan yang kedaluwarsa ataupun kemasan rusak," kata Kepala Balai Besar POM Denpasar, Dra I Gusti Ayu Adhi Aryapatni saat ditemui usai melakukan pengecekan pangan di Kampung Jawa, Denpasar, Bali, Senin (6/5/2019)

Pukul 15.30 Wita, pihaknya melakukan pengawasan di Tiara Dewata, Denpasar.

Terlihat beberapa tim BPOM Denpasar kemudian memasuki dan mengecek panganan takjil.

Petugas mengecek mulai dari waktu kedaluwarsanya dan kemudian dibawa untuk dilakukan pengecekan kadar makanan tersebut.

Usai di Tiara Dewat, petugas BBPOM kemudian langsung menuju ke Kampung Jawa, yakni tempat para penjual makanan maupun takjil.

Terlihat Kepala BPOM serta jajarannya mengunjungi dan mengecek setiap makanan yang ada di situ.

Aryapatni mengatakan, seperti biasa secara nasional pihaknya melakukan pengawasan secara intensif serta setifikasi pengawasan pangan olahan menjelang bulan Ramadan.

"Bedanya tahun ini kita lebih awal. Kalau tahun lalu seminggu sebelum. Sekarang dua minggu sebelumnya. Jadi sudah mulai 22 April 2019 lalu," ujarnya.

Pihaknya memang menyasar tempat-tempat seperti importir, distributor, hipermarket, supermarket, toko, warung dan penjual jajanan takjil.

"Sasaran kita adalah importir, distributor, hipermarket, supermarket, toko, warung. Kita juga menyasar makanan takjil. Termasuk di pusat perbelanjaan di Tiara Dewata. Kita juga melakukan pengawasan kepada pangan olahan yang distribusikan dan juga jajan Lebaran, atau kue-kue buka puasa. Dan nanti kita lakukan uji laboratorium," jelasnya.

"Kita hanya monitor saja. Selama ini swalayan sudah tertib ya. Tidak pernah kita temukan penggunaan bahan berbahaya. Tapi perlu juga kita lakukan monitoring," katanya. (*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved