Dari Januari hingga April 2019, 1.586 Bencana Terjadi Di Indonesia

Tsunami di Selat Sunda pada 22 Desember 2018 lalu menyebabkan kerugian hingga ratusan miliar

Dari Januari hingga April 2019, 1.586 Bencana Terjadi Di Indonesia
KOMPAS.com
Ilustrasi Bencana 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, selama Januari hingga April 2019 terjadi sebanyak 1.586 bencana di Indonesia.

Bencana ini setidaknya menelan korban jiwa dan hilang mencapai 438 orang.

Sejumlah kejadian tersebut, 98 persen diantaranya merupakan bencana hidro-meteorologi seperti banjir, longsor, dan puting beliung.

Hal tersebut disampaikan Kepala BNPB Doni Monardo pada diskusi dengan tema ‘Kesiapsiagaan Bencana Sektor Perhotelan untuk Industri Pariwisata yang Berkelanjutan” pada Senin (6/5/2019) di Graha BNPB, Jakarta Timur.

Doni menyampaikan bahwa Indonesia juga kawasan rawan terhadap potensi bahaya.

Indonesia memiliki 500 gunung api, dengan 127 di antaranya merupakan gunung api aktif.

Belum lagi, Doni mengingatkan siklus gempa yang memiliki periode berbeda tetapi tidak dapat diprediksi secara tepat waktu kejadiannya, seperti yang pernah terjadi di Aceh, Jakarta, serta Palu.

“Yang ada patahan ini daerah-daerah yang indah. Suka tidak suka, senang tidak senang, ini wajah wilayah kita,” tuturnya.

Menyinggung potensi ancaman bahaya di wilayah nusantara, Doni mengatakan bahwa peristiwa alam diharapkan tidak mengganggu sektor pariwisata.

Dengan kondisi tersebut, BNPB mengharapkan para pelaku industri pariwisata untuk menekankan perlunya upaya-upaya seperti pencegahan dan mitigasi.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved