BPBD Bali Dapat Suntikan Rp 17 Miliar, Target Rampungkan Desa Tangguh Bencana pada 2022

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali di tahun 2019 mendapat suntikan dana sebesar Rp 17 Milyar.

BPBD Bali Dapat Suntikan Rp 17 Miliar, Target Rampungkan Desa Tangguh Bencana pada 2022
Tribun Bali/Firizqi Irwan
Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin bersama jajaran BMKG Wilayah III Denpasar dan Maritim saat ditemui di Quest Hotel Kuta, Tuban, Kuta, Badung beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ahmad Firizqi Irwan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali di tahun 2019 mendapat suntikan dana sebesar Rp 17 Milyar.

Masuk dalam kawasan ring of fire, Indonesia khususnya pulau Bali juga menjadi perhatian serius dalam kebencanaan ini.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Bali, I Made Rentin mengatakan untuk membangun desa tangguh bencana di seluruh masyarakat Bali.

Namun dana tersebut masih dirasa kurang untuk menangani bencana, pasalnya dalam target BPBD di tahun 2022 nanti, seluruh desa di Bali bisa menjadi desa tangguh bencana.

"Mengenai dana anggaran yang diterima BPBD Bali sebesar Rp 17 Milyar, kita mengakui dana tersebut masih kurang untuk menangani bencana,"

"Kita di tahun 2022 semua desa di Bali adalah desa tangguh bencana, kami punya 1.493 desa adat dan itu semua kami akan drill sampai batas terakhir tahun 2022 untuk jadi destana (desa tangguh bencana)," ujarnya pada Tribun Bali,  Senin (6/5/2019).

Bahkan tidak hanya desa adat, juga ada desa dinas sebanyak 700 sekian yang akan di-drill untuk menjadi destana yang ada di kabupaten dan kota.

Baca: Kapasitas Dermaga Padang Bai-Lembar Tak Seimbang, Penyebrangan ke Nusa Penida Bisa Dipindah 

Baca: Perbekel Abang Karangasem Kumpulkan Tenaga Medis, Tak Ada yang Mengaku Buang Sampah Medis

Meskipun dana masih dirasa kurang, Made Rentin bersama jajarannya di kabupaten dan kota terus berupaya untuk menganggarkan dana tersebut demi terciptanya destana.

"Jadi tidak menunggu dari pusat, tidak mengharapkan dari teman-teman kabupaten dan kota, kita di provinsi juga mampu untuk mewujudkan itu," terangnya.

Halaman
123
Penulis: Firizqi Irwan
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved