Harus Berhenti Sekolah, Pemuda Ini Dituntut 8 Tahun Penjara karena Miliki 5 Paket Sabu-Sabu

Remaja yang masih duduk di bangku kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) ini pun kemungkinan sementara tidak akan melanjutkan sekolahnya.

Harus Berhenti Sekolah, Pemuda Ini Dituntut 8 Tahun Penjara karena Miliki 5 Paket Sabu-Sabu
net
ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ragil Budi Santoso (19) hanya bisa diam menunduk saat mengetahui dirinya dituntut pidana penjara selama 8 tahun di persidangan Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Senin (6/5/2019).

Remaja yang masih duduk di bangku kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) ini pun kemungkinan sementara tidak akan melanjutkan sekolahnya.

Ragil dinilai terbukti bersalah memiliki, menguasai atau menyediakan narkotik golongan I, berupa 5 paket sabu-sabu dengan berat keseluruhan 3,16 gram netto.

Atas tuntutan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dewa Narapati, terdakwa yang didampingi penasihat hukumnya, Catharine Vania dari Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi Denpasar, menyatakan akan mengajukan pembelaan (pledoi) tertulis.

"Mohon waktu, Yang Mulia, kami mengajukan pledoi," ujar Vania kepada majelis hakim pimpinan Kony Hartanto. Untuk itu, sidang pun akan kembali dilanjutkan pada Senin (13/5/2019) mendatang.

Baca: Video Bandar Narkoba Akasaka Cs Viral, Kalapas Narkotika Nusakambangan Dinonaktifkan

Baca: 3 Tersangka Penerima Paket Narkotika Kiriman Diamankan Bea Cukai Ngurah Rai

Dalam surat tuntutan, Ragil dinilai telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana narkotik. Sebagaimana Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotik.

"Menuntut, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 8 tahun, dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan. Dan denda Rp 1 miliar subsidair enam bulan penjara," tegas jaksa Kejaksaan Negeri (Kejari) Denpasar ini.

Pun dalam surat tuntutan, Jaksa Dewa Narapati mengurai hal memberatkan dan meringankan sebagai pertimbangan mengajukan tuntutan.

Hal memberatkan disebutkan, perbuatan terdakwa bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan penyalahgunaan atau peredaran gelap narkotik

"Hal meringankan, terdakwa merupakan siswa aktif yaitu pelajar kela XI di SMA di Denpasar. Terdakwa masih berusia muda sehingga masih ada waktu untuk memperbaiki diri," paparnya.

Baca: Miliki 14 Paket Sabu-Sabu, Adi Darma Dituntut 13 Tahun Penjara

Baca: Sudana Syok Divonis 12 Tahun Penjara, Terbukti Miliki 200,28 Gram Sabu-sabu

Halaman
12
Penulis: Putu Candra
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved