Pajak Progresif Kendaraan di Bali Dianggap Tidak Adil, Ini Usulan Anggota DPRD

Perlu mengubah pengenaan pajak progresif untuk kepemilikan roda dua dan roda tiga 250 cc dalam Perda Nomor 8 Tahun 2016.

Pajak Progresif Kendaraan di Bali Dianggap Tidak Adil, Ini Usulan Anggota DPRD
Istimewa/Humas Pemprov Bali
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat menghadiri Sidang Paripurna ke-2 Masa Persidangan II di Ruang Sidang Utama, Kantor DPRD Provinsi Bali, di Renon, Denpasar, Bali, Selasa (7/5/2019). 

Pajak Progresif Kendaraan di Bali Dianggap Tidak Adil, Ini Usulan Anggota DPRD

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pada Sidang Paripurna ke-2 Masa Persidangan II di Ruang Sidang Utama, Kantor DPRD Provinsi Bali, di Renon, Denpasar, Bali, Selasa (7/5/2019) juga dibahas tentang perubahan ketiga atas Perda Prov Bali nomor 1 tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Hal itu dibacakan oleh anggota DPRD Provinsi Bali Drs Gede Kusuma Putra.

Poin penting yang ia sampaikan yaitu perlunya mengubah pengenaan pajak progresif untuk kepemilikan roda dua dan roda tiga 250 cc dalam Perda Nomor 8 Tahun 2016.

Dimana sebelumnya milik kedua dikenakan 3 persen, milik ketiga 4,5 persen, milik keempat 5 persen dan milik kelima 7,5 persen.

“Untuk milik keempat perlu diganti menjadi 5 persen agar memenuhi rasa keadilan,” jelasnya.

Selain itu Perlu juga ada perubahan tarif BBNKB I sesuai dengan perda 1 tahun 2011 tentang Pajak Daerah yang semula 15 persen menjadi 10 persen guna memberikan keringanan bagi pelaku usaha angkutan umum dalam meremajakan armadanya.

Penghitungan BBNKB juga diharapkan menjadi saat hari kerja saja dalam rangka taat dan kepastian hukum.

Disinggung pula pada kesempatan itu adalah nomenklatur OPD Dinas Pendapatan Daerah menjadi Badan Pendapatan Daerah sesuai dengan Pergub Bali Nomor 66 Tahun 2018. Serta beberapa aturan pengenaan pajak yang memihak masyarakat umum, namun juga tidak merugikan keuangan daerah. (*)

Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved