Dapat Pembinaan, Tiga Sekeha Gong Kebyar Duta Kota Denpasar Siap Tampil PKB ke-XLI

Tiga Sekeha Gong Kebyar Duta Kesenian Kota Denpasar yang yang akan tampil dalam PKB ke-XLI mendapat pembinaan dari Tim Kesenian Provinsi Bali.

Dapat Pembinaan, Tiga Sekeha Gong Kebyar Duta Kota Denpasar Siap Tampil PKB ke-XLI
Humas Pemkot Denpasar
Pembinaan sekeha gong kebyar duta Denpasar 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Tiga Sekeha Gong Kebyar Duta Kesenian Kota Denpasar yang yang akan tampil dalam PKB ke-XLI mendapat pembinaan dari Tim Kesenian Provinsi Bali.

Ketiga sekeha ini, yakni Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak Suara Giri, Banjar Gunung, Desa Pemogan Denpasar Selatan, Sekeha Gong Kebyar Wanita Puspa Sari, Banjar Lebah, Desa Sumerta Kaja Denpasar Timur, dan Sekeha Gong Kebyar Dewasa Sapta Yowana Kanti, Kelurahan Sumerta. 

Pembinaan ini diberikan di  Jaba Pura Dalem Sumerta, Rabu (8/5/2019) sore.

Tim Pembina Provinsi Bali, I Gede Mawan mengatakan pembinaan ini memfokuskan pada kesiapan seluruh sekeha, dari tetabuhan, gerakan, dan kekompakan serta memberikan pertimbangan agar sesuai dengan kriteria saat penampilan.

Dalam upaya penyempurnaan penampilan seni perlu diperhatikan poin-poin penting atau uger-uger dalam sebuah pementasan seni tabuh yang terbentuk dalam sebuah pakem tertentu.

Baca: Pertamina Jamin Stok BBM Selama Ramadan hingga Lebaran di Bali Aman

Baca: Koster Berharap BRI Bantu Permodalan Masyarakat & Kontribusi Terhadap Pembangunan Bali

“Jadi ini senimannya banyak yang muda-muda, yang wanita juga sudah baik penampilanya ini suatu capaian yang baik dalam bidang seni, minimal mau dulu dan secara penampilan sudah baik, namun ada beberapa poin sebagai syarat pementasan yang perlu diperdalam lagi, seperti konsistensi pada gedig, gerak dan bahkan nada suara,” katanya.

Adapun tampilan yang akan dibawakan ketiga sekeha gong kebyar duta Denpasar yakni Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak Suara Giri, Banjar Gunung, Desa Pemogan, membawakan Tabuh Palgunawarsa, Tari Tenggek, Tari Kreasi Wayu anguan dan Dolanan Memayu.

Sekeha Gong Kebyar Wanita Puspa Sari, Banjar Lebah, Desa Sumerta Kaja, dengan tampilan Kebyar Dang, Murdaning Sekati, Taris Baris Kekupu dan Tari Kreasi Ngampung.

Sementara itu, Sekeha Gong Kebyar Dewasa Sapta Yowana Kanti, Kelurahan Sumerta membawakan tampilan Tabuh Kreasi Siar Siur, Tari Kreasi Sidapaksa, Tari Kebyaran Bang dan Sandya Gita Ngunda Bayu.

Baca: Sepanjang 2018 BBPOM Denpasar Tangani 13 Kasus Peredaran Obat & Kosmetik Terlarang

Baca: Penutupan 800 Situs Penjual Kosmetik Berbahaya Tidak Efektif, Ini Kata BBPOM Denpasar

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara mengatakan hal ini tidak saja menjadi ajang kompetisi semata, melainkan lebih kepada bagaimana kita mampu melestarikan seni tersebut sebagai sebuah kekayaan kebudayaan Bali yang harus dilestarikan dan dilakoni dengan semangat yang sungguh-sungguh.

Pembinaan ini juga sebagai tahapan untuk belajar menjadi lebih baik ke depannya, yang tentunya ajang ini wajib menjadi bahan evaluasi bagi seluruh sekeha.

Sehingga penampilan yang ditunjukan nantinya dapat maksimal dan sesuai dengan kriteria yang telah disepakati.

“Saya harapkan nantinya seluruh sekeha bisa tampil secara maksimal, dan bisa selalu menjaga kekompakan dengan cara menyesuaikan gerakan, lantunan gambelan sesuai dengan  kreteria yang akan ditampilkan. Dan selalu menjaga kesehatan tentunya, serta jadikanlah pembinaan ini sebagai ajang evaluasi untuk bisa menjadi lebih baik lagi saat menampilkan kesenian di ajang PKB XLI sebagai Duta Denpasar,” kata Jaya Negara. (*)

Penulis: Putu Supartika
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved