Menteri Perhubungan Minta Maskapai LCC Turunkan Harga Tiket, Akan Diikuti?

Menteri Perhubungan Minta Maskapai LCC Turunkan Harga Tiket, Akan Diikuti?

Menteri Perhubungan Minta Maskapai LCC Turunkan Harga Tiket, Akan Diikuti?
Kolase Tribun Bali
Pesawat Lion Air dan Sriwijaya Air. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA- Pemerintah akan menurunkan tarif batas atas (TBA) tiket pesawat sebesar 12-16 persen pada 15 Mei 2019.

Ini merupakan keputusan hasil rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian.

Dalam konferensi pers, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta agar maskapai berbiaya murah atau low cost carrier ( LCC) menyesuaikan harga tiketnya, setelah tarif batas atas baru berlaku.

"Dalam kesempatan ini kami sampaikan kami juga mengimbau maskapai LCC untuk menyesuaikan tarif. Paling tidak memberikan tarif yang 50 persen dari TBA," ujarnya di Jakarta, Senin (13/5/2019).

Menhub mengatakan, penurunan tarif maskapai LCC sangat penting sehingga masyarakat mendapatkan tarif yang relatif terjangkau.

Oleh karena itu, nantinya kata Menhub, pemerintah akan melakukan sosialiasi kepada stakeholder agar kebijakan baru nanti bisa berjalan efektif.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, penurunan tarif batas atas dilakukan demi kepentingan masyarakat.

Penurunan 12 persen ini akan dilakukan pada rute-rute gemuk seperti rute-rute di daerah Jawa sedangkan penurunan lainnya dilakukan pada rute-rute seperti rute penerbangan ke Jayapura.

Darmin mengatakan, pemerintah mencatat adanya kenaikan tarif pesawat penumpang udara oleh para perusahaan maskapai penerbangan.

Kenaikan tarif pesawat dalam negeri tercatat sejak akhir Desember 2018 dan tarif ini tidak kunjung turun setelah 10 Januari 2019.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhub Minta Maskapai LCC Turunkan Harga Tiket Pesawatnya "

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved