Pemilu 2019

PDI Perjuangan Meraih Suara Terbanyak di Provinsi Jawa Timur

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri dan penetapan

PDI Perjuangan Meraih Suara Terbanyak di Provinsi Jawa Timur
antara/surya
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (Kedua kanan) bersama presiden terpilih Joko Widodo (kedua kiri), Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (kiri), dan Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo (kanan), hadir pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDI Perjuangan di Semarang, Jateng, Jumat (19/9/2014). 

PDI Perjuangan Meraih Suara Terbanyak di Provinsi Jawa Timur

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat nasional dalam negeri dan penetapan hasil Pemilu 2019 untuk Provinsi Jawa Timur.

Hal itu dikatakan Komisioner KPU Hasyim Asyari di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5/2019).

"Rekapitulasi suara pemilu Provinsi Jawa Timur sah," kata Hasyim yang juga pimpinan rapat pleno. Hasil pemilu legislatif, PDI Perjuangan unggul dengan perolehan suara 4.319.666.

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu berhasil mengalahkan PKB yang pada Pemilu 2014 lalu meraup suara terbanyak. Pada pemilu kali ini, PKB tergeser ke posisi kedua.

Baca: Amien Rais Minta Pendukung Prabowo Jangan Lagi Pakai Istilah People Power, Ini Gantinya

Baca: Mayat Sejoli Ditemukan Bergandengan Tangan di Ranjang, Anak Panah Tembusi Kepala dan Jantung

Meski demikian, selisih suara antara keduanya tak terpaut cukup jauh. Partai pimpinan Muhaimin Iskandar mendapat suara sebanyak 4.198.551.

Di urutan ketiga Partai Gerindra dengan raihan suara 2.408.607. Menyusul setelahnya Partai Golkar dengan 2.256.056 suara.

Partai Nasdem berada di urutan kelima dengan perolehan suara 2.190.169. Posisi keenam hingga terakhir secara berurutan yaitu, Demokrat, PAN, PPP, PKS, Perindo, PSI, Berkarya, Hanura, PBB, Garuda, dan PKPI.

Berikut data rekapitulasi hasil penghitungan suara dan penetapan hasil pemilu legislatif Provinsi Jawa Timur menurut nomor urut partai politik:

1. PKB: 4.198.551

Halaman
12
Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved