Astronom Jepang Beri Nama Asteroid Reiwa untuk Merayakan Era Kaisar Naruhito

Berbagai cara dilakukan warga Jepang untuk memperingati dimulai era baru, menyusul pergantian

Astronom Jepang Beri Nama Asteroid Reiwa untuk Merayakan Era Kaisar Naruhito
Reuters/Pool/Toshifumi Kitamura
Naruhito ketika masih berstatus Putra Mahkota Jepang memainkan biola bersama orkestra dalam konser Gakushuin School Corporation di Tokyo pada April 2012 

Astronom Jepang Beri Nama Asteroid Reiwa untuk Merayakan Era Kaisar Naruhito

TRIBUN-BALI.COM,KOCHI - Berbagai cara dilakukan warga Jepang untuk memperingati dimulai era baru, menyusul pergantian kaisar yang berkuasa di negara itu.

Akan tetapi, barangkali tidak akan ada yang dapat menyamai apa yang dilakukan oleh seorang astronom ini.

Tsutomu Seki (88), asal Prefektur Kochi, telah mengajukan proposal kepada Persatuan Astronomi Internasional (IAU), pada 5 Mei lalu, untuk menamai sebuah asteroid dengan nama " Reiwa no Hoshi", yang berarti "Bintang Reiwa".

Asteroid tersebut, yang ditemukannya tiga dekade lalu, tepatnya pada 1989, terlihat di sebelah barat gugus bintang Pleiades.

Baca: Ketika Arwah Penasaran yang Mengejar Sampai ke Mana pun, Mulai Suara Tangisan Hingga Raungan

Seki berharap, proposal yang diajukannya sudah akan mendapat persetujuan dari IAU dalam satu atau dua bulan mendatang.

"Awalnya saya tidak pernah berencana untuk menamai asteroid itu. Tetapi saya kemudian memutuskan menamainya setelah teman-teman astronom saya mendorong saya untuk melakukannya," kata Seki, yang tinggal di kota Kochi.

Dilansir Japan Times, asteroid dengan kategori ukuran 18 itu tidak dapat terlihat dengan mata telanjang karena hanya memiliki diameter sekitar 10 kilometer.

Seki, yang dikenal di kalangan astronom Jepang dengan julukan pemburu komet, mengaku telah menemukan 223 asteroid serta enam komet.

Salah satunya dia beri nama Ikeya-Seki, yang dia temukan pada 1965. Pada 1990, Seki juga telah menamai salah satu asteroid temuannya dengan nama yang mewakili era Heisei, era sebelum Reiwa di mana Kaisar Akihito berkuasa sebelum akhirnya turun takhta pada 30 April lalu.

Halaman
12
Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved