Mahasiswa Undiknas Bisa Lulus tanpa Skripsi, Ini Syaratnya

Menghadapi Era Revolusi 4.0, Unversitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar saat ini tengah menuju Universitas yang unggul dalam bidang Riset.

Mahasiswa Undiknas Bisa Lulus tanpa Skripsi, Ini Syaratnya
Tribun Bali/Meika Pestaria Tumanggor
Rektor Undiknas Denpasar, Dr. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA -- Menghadapi Era Revolusi 4.0, Unversitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar saat ini tengah menuju Universitas yang Unggul dalam bidang Riset.

Seluruh dosen dan mahasiswa diarahkan untuk berinovasi melalui riset. Hal ini dikatakan Rektor Undiknas Denpasar, Dr. Nyoman Sri Subawa, S.T., S.Sos., M.M., pada wisuda Undiknas ke-82 di Westin hotel Nusa Dua Bali, Sabtu (18/5/2019.

"Undiknas menerapkan sistem pembelajaran berbasis Riset dengan memberikan tugas proyek penelitian pada matakuliah yang diajarkan untuk meningkatkan wawasan serta minat mahasiswa dalam melakukan penelitian," kata Nyoman Sri Subawa.

Saat ini Udiknas memiliki komunitas riset, untuk mendukung kolaborasi penelitian antara mahasiswa dengan dosen, dan menyiapkan mahasiswa siap mengikuti kompetisi riset.

"Kita punya komunitas riset yang namanya Komunitas Karya Ilmiah Mahasiswa (KIM). Melalui komunitas ini yang ingin diraih adalah keluaran hasil riset berupa publikasi baik publikasi Nasional terakreditasi maupun publikasi internasional yang terindeks," kata
Nyoman Sri Subawa.

"Tidak mudah mencapai jurnal yang terindeks maupun yang terakreditasi. Maka, mahasiswa yang mampu mempublikasikan hasil risetnya ke dalam jurnal nasional maupun internasional akan diberi reward dengan membebaskan dari penyusunan skripsi dan tugas akhir," tambah Nyoman Sri Subawa.

Nyoman Sri Subawa menyebut meski dibebaskan dari tugas akhir, hasil riset mahasiswa yang telah diterbitkan, tetap mengikuti proses pengujian oleh pihak dosen, sehingga memiliki mekanisme yang sama dengan skripsi.

Keputusan rektor untuk membebaskan tugas akhir ini telah dimulai sejak Januari 2019.
Saat ini beberapa mahasiswa telah mengajukan hasil riset untuk penerbitan jurnal.

(*) 

Penulis: Meika Pestaria Tumanggor
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved